Bulan Rajab Menurut UAS

830
UAS di MPR
Ustadz Abdul Somad (UAS) saat memberikan taushiyah pada peringatan Harlah MPR RI dan HUT RI ke-73.. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Muslim Obsession – Hari ini Jumat (8/3/2019), kalender Hijriah (Islam) memasuki bulan Rajab. Dalam hitungan kalender hijriyah, Bulan Rajab merupakan bulan ketujuh, tahun ini jatuh pada tanggal 8 Maret 2019.

Bulan ini termasuk salah satu bulan haram (suci) dan/atau bulan yang dimuliakan. Dalam kalender Hijriyah atau kalender Islami, Bulan Rajab termasuk satu dari empat bulan mulia. Umat Muslim diharapkan bisa memanfaatkan bulan ini sebagai ladang ibadah.

Hal itu juga senada dengan Ustadz Abdul Somad (UAS), dia mengatakan Rajab adalah salah satu dari empat bulan yang dimuliakan dalam Islam.

Hal itu berdasarkan sabda Rasulullah Saw. sebagaimana diriwayatkan Bukhari dan Muslim. “Sesungguhnya zaman ini telah berjalan, sebagaimana perjalanan awalnya ketika Allah menciptakan langit dan bumi, yang mana satu tahun ada 12 bulan. Di antaranya, ada empat bulan haram, tiga bulan yang (letaknya) berurutan, yaitu Dzulkaidah, Dzulhijah, dan Muharam. Lalu, Rajab yang berada di antara Jumadil (Akhir) dan Syaban.”

Al-Quran telah mengisyaratkan bulan-bulan istimewa itu. Lihat, surah at-Taubah ayat ke-36. Firman Allah Swt itu menegaska. “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram.”

“Rajab salah satu bulan mulia yang (jumlahnya) ada empat,” jelas Ustaz Abdul Somad saat dihubungi, Jumat (8/3/2019).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here