‘Bulan Putih’ di Negara Beruang Merah

788

Di negeri ini, Madzhab Syafii terdapat di Kaukasus Utara. Sementara Madzhab Hanafi di wilayah republik lainnya. Karena dua madzhab ini, saya sempat melihat pemandangan yang berbeda.

Seperti halnya dua kali saya melihat hal yang ‘aneh’ di dua lokasi masjid yang berbeda. Di sana saya melihat terdapat dua orang jamaah shalat dengan menggunakan celana pendek.

Pertama kali saya menjumpainya saat Shalat Jumat di area parkir Masjid Rizvan tanggal 31 mei lalu. Kali kedua di dalam Masjid Kazan Nuri saat Shalat Maghrib dan berbuka puasa hari terakhir pada Senin (3 Juni 2019) kemarin.

Di Rusia juga ada perbedaan lain, seperti saat pengucapan “aamiin” setelah membaca surah Al-Fatihah yang dibaca dengan sangat lirih.

Di sini, saat pelaksanaan shalat, jamaah pria dan wanita harus menggunakan kaos kaki. Jika tidak disediakan plastik pembungkus kaki. Jamaah wanita saat shalat juga kerap tidak menggunakan mukena, pakaian yang biasa dipergunakan untuk shalat.

Saat Tarawih, ada pula yang shalat hingga di tempat sepatu karena jumlah jamaah yang banyak. Pemandangan seperti ini kerap kita jumpai, meski saat shalat di pelataran masjid jamaah harus merasaka dinginnya suhu 15 derajat celcius dan rintik gerimis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here