Bukan Karena Hantu, Tubuh Tidak Bisa Bergerak Saat Tidur

1478
Sleep Paralysis (Foto: Hallo Sehat)

Jakarta, Muslim Obsession – Banyak kejadian sehari-hari yang terlihat seperti mistis tapi sebenarnya bisa dijelaskan secara medis atau ilmiah. Salah satunya adalah ketindihan saat tidur.

Orang yang mengalami ketindihan akan merasakan keganjilan pada tubuhnya. Mereka terbangun tapi tidak mampu menggerakkan tubuhnya, seperti ada sosok tak kasat mata yang ‘mengunci’ tubuh mereka. Sensasi itu tambah menyeramkan jika ditambah dengan penampakan bayangan aneh atau suara misterius.

Meski terasa horor, ketindihan bukanlah fenomena mistis yang melibatkan makhluk halus. Dalam dunia medis, ketindihan disebut dengan sleep paralysis.

Sleep paralysis adalah suatu gangguan tidur ketika tubuh tidak bisa digerakkan meski telah terbangun. Kondisi ini biasanya terjadi di saat kamu mulai bermimpi (1-3 jam setelah terlelap) atau disebut juga REM (rapid eye movement). Saat tahap REM, otot tubuh kita memang akan melemah bahkan lumpuh.

Nah, ketika kamu tiba-tiba saja terbangun saat tahap REM, otak masih belum siap mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh, sementara tubuh sedang dalam kondisi lemah dan lumpuh sehingga kamu tidak bisa bergerak atau mengeluarkan suara.

Dengan kata lain, sleep paralysis terjadi karena adanya ketidaksinambungan antara otak dan otot tubuh. Yang membuat sleep paralysis menyeramkan tak hanya fakta bahwa kamu tidak bisa bergerak atau bersuara, namun munculnya bayangan atau suara menyeramkan yang membuatmu semakin panik.

Apa yang kamu lihat dan dengar itu sebenarnya bukanlah makhluk halus yang mengganggu, namun merupakan halusinasi dari pikiranmu sendiri.

Dikutip dari Medical News Today, halusinasi ini biasanya terbagi atas tiga kategori:

  • Merasakan kehadiran sosok misterius. Kamu akan merasakan kehadiran sosok misterius yang sering dianggap makhlus halus mengancam dirimu yang tidak bisa bergerak dan bersuara.
  • Incubus hallucinations. Kamu merasa ada seseorang atau sesuatu yang mencekik dan menekan tubuhmu. Kamu bahkan bisa seolah-olah merasa kesakitan.
  • Vestibular motor hallucinations. Kamu merasa tubuhmu seperti terbang, melayang, atau berpindah tempat. Terkadang kamu bahkan merasa seperti jiwamu keluar dari tubuh, dan kamu melihat tubuhmu dari atas (out of body experiences).

Dari ketiga kategori ini, halusinasi tipe pertama menjadi yang paling sering dirasakan ketika sleep paralysis. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here