Bukan Atta Halilintar, Ini Sosok Muslim YouTuber Pertama di Dunia

124

Muslim Obsession – YouTube telah ada sejak Februari 2005 dan sekarang menjadi platform berbagi video teratas di dunia.

Sejak dibuat oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, YouTube menjadi sangat sukses sehingga dijual ke Google pada bulan Oktober 2006 seharga £ 1,29bn ($ 1,65bn) dan sekarang menjadi mesin pencari terbesar kedua di dunia.

Siapa YouTuber pertama?

YouTuber adalah siapa saja yang membuat konten video untuk situs web. Hal ini menjadikan salah satu pendiri Jawed Karim menjadi YouTuber pertama saat ia mengupload video berdurasi 18 detik berjudul Me at the Zoo pada tahun 2005.

Selama bertahun-tahun, definisi YouTuber memiliki arti baru dan sekarang orang dapat mencari nafkah melalui akun YouTube mereka dan menjadi YouTuber profesional.

YouTuber profesional mencari nafkah melalui pendapatan iklan, yang dapat menghasilkan sebanyak $ 18 per 1.000 tampilan iklan, menurut Forbes.com.

Baca Juga: Youtuber Korea Ini Jadi Mualaf dan Akan Menikahi Penyanyi Dangdut Pantura

Namun, jumlah yang dibayarkan bergantung pada berbagai faktor, termasuk jumlah penayangan yang diterima setiap video, jumlah klik yang diterima iklan, kualitas iklan, dan durasi video.

Apa video YouTube pertama?

Video YouTube pertama dibuat oleh seorang Muslim Jawed Karim pada tanggal 23 April 2005.

Judulnya “Saya di Kebun Binatang” yang menampilkan Karim sedang berdiri di depan kandang gajah di Kebun Binatang San Diego sambil berkata:

“Baiklah, jadi di sini kita di depan gajah. Hal yang keren tentang binatang ini adalah mereka memiliki belalai yang sangat, sangat, sangat panjang dan itu keren. Dan cukup banyak yang bisa dikatakan.”

Sejak video itu diunggah, video tersebut telah menerima sekitar 106 juta tampilan, 3,7 juta suara positif, dan 7.576.000 komentar.

Apa video YouTube pertama yang mencapai 1 juta penayangan?

Video pertama yang mencapai satu juta penayangan di YouTube adalah iklan Nike, yang menampilkan bintang sepak bola Ronaldinho.

Video itu diunggah pada Oktober 2005 dan rekaman aslinya tidak lagi ada di situs, tetapi telah diunggah ulang oleh pengguna lain.

Klip menampilkan pesepakbola Brasil mencoba sepasang sepatu baru dan melakukan “keepy up” sebelum menendang bola ke arah gawang dari luar kotak.

Lalu kemudian memantul dari mistar gawang, dan kembali ke arah Ronaldinho yang terus menjaga bola di udara. Dia memantulkannya kembali dari tiang gawang dan mengulangi triknya beberapa kali.

Video YouTube lain yang patut dicatat adalah Gangnam Style oleh penyanyi Korea Selatan Psy.

Video tersebut sangat sukses sehingga menjadi video yang paling banyak ditonton di situs, dengan lebih dari 3,7 miliar penayangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here