Buka Tanwir Ke-2, Haedar Nashir Minta Sebarkan Praktik Islam Mencerahkan

328
Haedar Nashir (Foto: breakingnews)

Bengkulu, Muslim Obsession – Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir meminta umat Islam untuk menyebarluaskan praktik Islam yang mencerahkan kehidupan.

“Umat Islam saat ini dituntut untuk menyebarluaskan praktik Islam yang mencerahkan kehidupan sehingga akan menjadikan setiap Muslim cerah hati, pikiran dan tindakan,” ujar Haedar ketika membuka Tanwir ke-2 Muhammadiyah di halaman Rumah Dinas Gubernur Bengkulu, Jumat (15/2/2019).

Namun dalam kehidupan sehari-harinya, masih dijumpai umat Islam yang tidak mengamalkan nilai-nilai Islami mencerahkan.

“Misal ekstremisme dalam beragama, intoleransi, pemahaman takfiri, hoaks dan politisasi agama. Kadang juga ada ujaran buruk yang membawa aura marah dan kebencian, permusuhan,” katanya.

Fenomena pengamalan nilai Islam yang seperti ini justru memisahkan umat Islam dari hajat hidup orang banyak. Islam akhirnya tidak menjadi agama rahmatana lil’alamin.

Ia menegaskan, PP Muhammadiyah berkomitmen membangkitkan kesadaran kolektif umat untuk mengamalkan nilai Islam yang mencerahkan.

“Muhammadiyah ingin membangkitkan kesadaran kolektif bahwa Islam haruslah mencerahkan, mengeluarkan manusia dari segala bentuk kegelapan,” tukasnya.

Hadir dalam acara itu, Presiden Joko Widodo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here