Buka Musabaqah Bahtsul Kutub, Menag Imbau KUA Lebih Profesional

88
Menag Buka Bahtsul Kutub
Menag Lukman hakim Saifuddin memukul gong tanda dibukanya acara Musabaqah Bahtsul Kutub di Jakarta (foto: Kemenag/F Kusuma)

Jakarta, Muslim Obsession — Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan, Kementerian Agama memiliki segalanya untuk memperkuat kelembagaan KUA. Menurutnya yang diperlukan adalah saling bicara, saling berkoordinasi dan bekerjasama antar unit.

Hal itu dikemukakan Menag saat membuka membuka gelaran Musabaqah Bahtsul Kutub, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Penganugerahan KUA dan Penyuluh Teladan Tingkat Nasional Tahun 2018 di Jakarta, Kamis (9/8/2018).

“Bukan saatnya lagi berjalan sendiri-sendiri. Dengan keberadaan PMA 34 tahun 2016 menjadi penegas eksistensi dan kebutuhan sinergi dengan penyuluh agama Islam,” kata Menag Lukman dalam sambutannya.

Seperti dilansir Kemenag, Menag mengatakan bahwa tahun ini telah dilakukan tiga perubahan inovasi yang dilakukan Ditjen Bimas Islam terkait acara ini dalam hal konsep perlombaan. Semuanya merupakan bagian dari upaya pembinaan aparatur KUA agar lebih berani berinovasi

Pertama, paradigma baru penilaian KUA teladan dengan menekankan pada aspek inovasi layanan publik. Kedua, perubahan dari Lomba Membaca kitab menjadi Musabaqah Bahtsul Kutub, ini tentu lebih mendalam aspek penilaiannya. Ketiga, peningkatan kualitas layanan KUA berbasis website.

Oleh karenanya Menag mengajak seluruh jajaran Ditjen Bimas Islam pusat dan daerah serta seluruh stakeholder untuk bersama-sama mendorong KUA lebih berdayaguna.

“Mari kita jadikan KUA sebagai lembaga yang kredibel, profesional dan akuntabel. Kepada para peserta yang akan berkompetisi di tiga bidang, mari kita ciptakan perubahan itu dengan terukur dan terhormat. Tujuan kita tidak berenti pada pemilihan yang terbaik, akan tetapi bagaimana para juara ini mampu menginspirasi yang lainnya untuk menjadi lebih baik,” tegas Menag.

Pembukaan acara ini dimeriahkan oleh penampilan Sabyan Gambus yang membawakan beberapa lagu seperti Ya Maulana, Rohman Ya Rohman, Deen Assalam, dan Ya Habibal Qolbi. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here