Buka Muffest 2020, Menkop: Indonesia Bisa Jadi Kiblat Fesyen Muslim Dunia

336
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki hadir dalam Opening Ceremony Muffest 2020 di JCC Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Jakarta, Muslim Obsession – Muslim Fashion Festival 2020 (Muffest) kembali dibuka. Perhelatan yang digelar pada 20 hingga 23 Februari 2020 di Jakarta Covention Center, Jakarta, ini mengusung tema “Sustainable’.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki yang hadir dalam Opening Ceremony Muffest 2020 mengatakan, industri fesyen muslim Indonesia menempati peringkat ke-2 setelah Uni Emirat Arab sebagai penghasil fesyen muslim yang kreatif. Sehingga tak heran jika industri fesyen Indonesia terus tumbuh dengan banyaknya desainer muda.

“Sektor fesyen muslim berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Konsumis fesyen mencapai 270 miliar USD. Sedangkan industri fesyen sendiri menyumbang 20 miliar USD, atau meningkat 18,2 persen,” ujar Teten.

Teten berharap Muffest 2020 mampu mendatangkan peluang besar untuk para pelaku fesyen muslim Indonesia. Menurutnya, para pelaku fesyen juga harus mengetahui peluang bisnis, menggunakan bahan baku alami, dan memahami isu lingkungan.

Di sisi lain, besarnya populasi Muslim di Tanah Air diyakini dapat membuat Indonesia menjadi kiblat fesyen muslim dunia.

“Keberadaan para penggiat fashion muda di Indonesia diharapkan bisa menumbuhkan minat dan perkembangan industri fashion di Tanah Air yang lebih besar lagi. Mengingat populasi muslim di Indonesia begitu banyak, maka kita bisa bersama-sama menjadikan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia,” ungkapnya saat peresmian MUFFEST 2020 di Jakarta Convention Center, Kamis (20/2/2020).

National Chairman Indonesia Fashion Chamber Ali Kharisma mengatakan, konsep “Sustainable” pada Muffest 2020 diusung karena munculnya kesadaran tentang pentingnya menjaga kelangsungan bumi.

“Industri fashion merasa sangat bertanggung jawab akan limbah fashion. Karena limbah fashion nomor dua terbanyak setelah minyak,” ujarnya saat ditemui dalam acara yg sama.

Muffest merupakan ajang bertemunya para desainer busana muslim tanah air dan desainer muda yang baru merintis jejak mereka di industri fashion Indonesia.

Beberapa desainer yang akan menampilkan karya mereka pada MUFFEST 2020 antara lain Ria Miranda, Nuniek Mawardi, Monika Jufry, Sofie, Barli Asmara, Ayu Dyah Andari, ETU, KAMI, Deden Siswanto, Ivan Gunawan, Rani Hatta, Irna Mutiara, Wignyo Rahadi, Lisa Fitria, Raegitazoro, Hannie Hananto, Itang Yunasz, dan lain-lain.

Serta, gelaran ini juga menggandeng para pelaku usaha kecil dan menengah yang menjadi pendukung industri fashion melalui berbagai produk turunan fashion yang mereka hasilkan. Selain itu, ada berbagai tenant fashion muslim untuk para pencinta fashion di Indonesia.

Muffest bertujuan mewujudkan Indonesia menjadi kiblat fashion muslim dunia. Festival ini diharapkan bisa mengangkat potensi muslim fashion di Tanah Air yang akan memberikan stimulus bagi perekonomian nasional. Apalagi Muffest sudah mulai dilirik oleh konsumen dari luar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here