Buka Masjid untuk Umum, Cara Australia Hapuskan Stereotip Negatif Tentang Islam

357
Masjid Canberra (Foto: Canberratimes)

Australia, Muslim Obsession – Tiga puluh masjid di seluruh Australia membuka pintu untuk masyarakat umum. Hal itu dilakukan untuk menghapus stereotip dan kesalahpahaman tentang Islam.

Canberra Islamic Centre adalah salah satu masjid yang membuka pintu untuk publik. Presiden pusat Zafar Ahmad mengatakan hari-hari terbuka ini penting untuk meningkatkan pemahaman di masyarakat.

“Jadi orang-orang yang bukan berlatar belakang Islam dapat bertukar pandangan dan melihat tempat ini. Kami hanya ingin memecahkan beberapa hal. Istilah seperti ‘kita’ dan ‘mereka’ seharusnya tidak menjadi masalah, dan orang-orang dapat datang dan mencari tahu lebih banyak tentang kami,” kata Ahmad seperti dikutip The Canberra Times, Senin (29/10/2018).

Masyarakat Canberra diberi kesempatan untuk berbicara dengan anggota komunitas Islam dan mengambil bagian dalam sesi tanya jawab sepanjang hari. Program membuka pintu ini dilakukan secara teratur ke publik. Kegiatan seperti ini terus bertambah setiap tahunnya.

“Ini sangat penting, karena kecuali orang bertemu dengan Muslim , mereka tidak tahu tentang itu, dan kami tidak berbeda dari agama lain. Bagi sebagian orang, mereka mendengarkan orang-orang seperti Pauline Hanson, tetapi tidak berinteraksi dengan Muslim. Banyak orang membentuk pandangan tanpa melangkah ke masjid,” katanya.

Selain itu, dalam program ini, pengunjung juga dapat mengambil bagian dalam tur masjid yang baru dibuka. Masjid ini menampung sebanyak 400 orang untuk ibadah shalat dan aktivitas lainnya.

“Hari-hari terbuka dapat meruntuhkan keraguan orang tentang Islam. Orang-orang dapat menjadi sadar akan hal-hal yang tidak mereka ketahui sebelumnya dan menyingkirkan beberapa stereotip,” kata imam masjid Adam Konda.

Selain itu, kata Ahmad, komunitas Islam Canberra telah semakin dekat sejak pembukaan masjid baru awal tahun ini, dan hari terbuka adalah cara untuk berbagi dengan orang lain. “Sekarang kami memiliki tempat khusus untuk berdoa dan berpikir tentang kehidupan, dan ini juga kesempatan bagi orang untuk belajar tentang Islam,” tutupnya. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here