Buka INDHEX 2018, Kiai Ma’ruf Sebut Konsumsi yang Halal adalah Tuntutan Agama

416
KH-MARUF_AMIN
Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin.

Jakarta, Muslim Obsession – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan masyakat muslim untuk mengkonsumsi sesuatu yang halal, karena hal itu merupakan tuntutan agama yang harus dipenuhi dan tidak boleh dilanggar.

Hal itu dikatakan, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin saat membuka Indonesia Halal Expo (INDHEX) 2018 di Gedung Smesco, Jakarta, Kamis (1/11/2018).

“Keyakinan itulah yang selama ini menjadi pegangan bagi kaum muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia,” katanya.

Selain itu, Kiai Ma’ruf menjelaskan, sebagai negara dengan jumlah populasi penduduk muslim mencapai lebih dari 200 juta jiwa, masalah halal haram di Indonesia menjadi sesuatu yang sangat penting. Ia meminta pelaku usaha untuk melengkapinya dengan sertifikat halal MUI sehingga peran dan keberadaan LPPOM MUI semakin dibutuhkan, seiring dengan tumbuhnya industri makanan minuman dan obat-obatan di Indonesia.

Kiai Ma’ruf juga mengatakan di tengah ketidakpastian perekonomian global, keberadaan koperasi dan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) kita harapkan bisa menjadi kekuatan baru bagi perekonomian nasional.

“Sebab, seperti kita ketahui, kontribusi UMKM bagi Produk Domestik Bruto atau PDB kita mencapai 60,34 persen. Daya serap tenaga kerja di sektor ini juga sangat besar. Kita tentu berharap, kontribusi UMKM tersebut semakin besar di tahun-tahun mendatang,” tukasnya.

MUI juga, kata dia, sejak beberapa tahun terakhir telah merumuskan dan mengimplementasikan konsep yang mengedepankan sistem perekonomian yang adil, merata, dan mandiri berbasis pada koperasi dan UMKM.

Konsep tersebut dimaksudkan untuk mempercepat redistribusi dan optimalisasi sumber daya alam secara arif serta berkelanjutan, sekaligus memperkuat sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing tinggi berbasis keunggulan teknologi, inovasi, dan kewirausahaan.

INDHEX 2018 ini diselenggarakan Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) pada 1 – 3 November 2018, di Gedung Smesco Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here