Bosnia Siap Gelar Pameran Industri Halal

372
Industri Halal (Foto: Anadolu Agency)

Belgrade, Muslim Obsession – Pameran industri halal internasional siap digelar di ibu kota Bosnia bernama Sarajevo Halal Fair (SHF) dari tanggal 27 hingga 29 September. Pameran tersebut akan dihadiri sekitar 100 peserta dari 30 negara.

Pameran itu akan memungkinkan para peserta dari negara-negara Balkan, termasuk Serbia, Slovenia dan Albania, serta dari Turki, Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Malaysia dan negara-negara Uni Eropa untuk memperkenalkan produk makanan halal.

Direktur Bank Internasional Bosnia (BBI) Amer Bukvic, mengatakan persiapan pameran tersebut sudah pada tahap akhir dan dia mengklaim acara ini akan melampaui harapan, karena minat masyarakat muslim di seluruh dunia kini tengah beralih ke industri halal.

“Sembilan hari lagi, kami akan menjamu banyak tamu penting dari seluruh dunia,” tukasnya seperti dikutip beyazgazete, Rabu (19/9/2018).

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa industri makanan halal melayani hampir satu miliar orang di seluruh dunia, karena pameran tersebut bermanfaat bagi kawasan dan negara tuan rumah.

“Industri makanan halal memiliki pasar yang sangat besar. Dalam konteks ini, Sarajevo dan Bosnia dan Herzegovina dapat menjadi tujuan penting untuk mengekspor produk mereka ke barat dan timur, dan dari timur ke barat juga,” tuturnya.

Sementara Kepala Badan Sertifikasi Kualitas Halal di Bosnia dan Herzegovina, Damir Alihodzic, mengatakan pameran tersebut penting digelar untuk meningkatkan perekonomian Bosnia.

“Produsen makanan halal disini akan memiliki kesempatan untuk memperkenalkan produk mereka. Ini akan bermanfaat bagi konsumen dan produsen dari negara lain,” katanya.

Di Bosnia dan Herzegovina, 90 perusahaan memiliki sertifikat makanan halal, sementara lebih dari 130 produsen dan lebih dari 7000 produk memiliki sertifikat makanan halal di kawasan itu. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here