Bolehkah Puasa Sunnah Karena Diet?

148
Ilustrasi Puasa (Foto: Islam Kafah)

Muslim Obsession – “Tad, boleh ngga puasa sunnah karena diet?” tanya akun Instagram @anggitaka kepada Ustadz Yusuf Mansur (@yusufmansurnew), dikutip Ahad (12/1/2020).

Menurut Ustadz Yusuf Mansur, diet boleh sebagai doa saja, namun tetap niatnya hanya karena Allah.

“Diet karena Allah, ya masih masuk kategori karena Allah. Istilahnya, pake cara Allah. Apalagi Rasul bersabda Suumuu tasihhuu.. Berpuasalah kalian supaya sehat,” jawab Ustadz Yusuf Mansur.

View this post on Instagram

Disebut, "Karena Allah…" itu… Luas sekali. Bukan berarti menafikan hal2 dunia. Asli. Menarik u jd kajian Istiqlal edisi Januari. Bismillaah walhamdulillaah. . . Met al Mulk… . . Tambahan: . . عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اغْزُوا تَغْنَمُوا، وَصُومُوا تَصِحُّوا، وَسَافِرُوا تَسْتَغْنُوا رواه الطبراني في " المعجم الأوسط " (8/174) Dari Abu Hurairah Ra dia berkata: Telah bersabda Rasulullah Saw: Berperanglah kalian akan mendapat harta rampasan, berpuasalah kalian akan sehat, musafirlah kalian akan mendapat kecukupan. (HR. Thabrani: Al Mu'jam Al Ausath 8/ 174) Hadits dha'if. Tp bs dipake buat amal. Ada juga riwayat lain dari 'Ali dan Ibnu 'Abbas dan dha'if juga.

A post shared by Yusuf Mansur (@yusufmansurnew) on

Lebih lanjut, Ustadz Yusuf Mansur juga menyampaikan sebuah hadits Rasulullah Saw.

Dari Abu Hurairah r.a dia berkata: Telah bersabda Rasulullah Saw:
Berperanglah kalian akan mendapat harta rampasan, berpuasalah kalian akan sehat, musafirlah kalian akan mendapat kecukupan. (HR. Thabrani: Al Mu’jam Al Ausath 8/ 174)

“Hadits dha’if. Tapi bisa dipake buat amal. Ada juga riwayat lain dari ‘Ali dan Ibnu ‘Abbas dan dha’if juga,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here