Bolehkah Mengubah Redaksi Adzan Jadi ‘Hayya Ala Al-Jihad’?

99
Ilustrasi: Adzan.

Oleh: Drs H. Tb Syamsuri Halim, M.Ag (Pimpinan Majelis Dzikir Tb. Ibnu Halim dan Dosen Fakultas Muamalat STAI Azziyadah Klender)

Kalimat adzan sudah qoth’i diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Kalaupun ada sahabat Bilal menambah adzan saat Subuh, itupun karena Nabi masih hidup dan menyetujui.

ﻳﻜﺮﻩ ﺃﻥ ﻳﻘﺎﻝ ﻓﻲ اﻷﺫاﻥ ﺣﻲ ﻋﻠﻰ ﺧﻴﺮ اﻟﻌﻤﻞ

Makruh mengucapkan dalam adzan “Mari menuju pada amal terbaik”

 ﻗﺎﻝ اﻟﺒﻴﻬﻘﻲ ﻟﻢ ﺗﺜﺒﺖ ﻫﺬﻩ اﻟﻠﻔﻈﺔ ﻋﻦ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻨﺤﻦ ﻧﻜﺮﻩ اﻟﺰﻳﺎﺩﺓ ﻓﻲ اﻻﺫاﻥ ﻭاﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ

Al-Baihaqi berkata: “Tidak ada riwayat Sahih redaksi ini dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Kami tidak suka dengan tambahan dalam adzan,” (Al-Majmu’ 3/98).

Juga redaksi adzan sudah kesepakatan jumhur (mayoritas) ulama kaum muslimin.

Redaksi adzan itu tidak boleh diubah menjadi ajakan jihad. Karena itu ibadah yang sifatnya tauqifi atau langsung dari syariat dalil tersebut dinukilnya dari Kitab Al-Fiqh Al-Islami wa Adillatuhu karya Syekh Wahbah Az-Zuhaili.

 فقد اتفق الفقهاء على الصيغة الأصلية للأذان المعروف الوارد بكيفية متواترة من غير زيادة ولا نقصان,وهو مَثْنى مَثْنى،كَمَا اتفقوا على التَّثويب,أي الزيادة في أذان الفجر بعد الفلاح وهي:” الصلاة خير من النوم” مرتين،عملاً بما ثبت في السنة عن بلال1،  1 – رواه الطبراني وغيره.نقلاً من حاشية الفقه الإسلامي وأدلته (1/543)

“Ulama telah sepakat tentang redaksi adzan adalah sebagaimana diketahui secara umum tanpa ditambah atau dikurangi. Yaitu dua-dua dan ditambahkan redaksi ‘shalat lebih baik daripada tidur’ untuk shalat Subuh dua kali. Inilah untuk mengamalkan sunnah Nabi.”

Jadi ini sudah merupakan kesepakan mutlak para ulama dari zaman ke zaman. Jika kita keluar dari kesepakatan itu maka kita termasuk orang yang aneh dan coba anda lihat apa ada di hadits Nabi pernah memasukkan kata jihad dalam adzan? Padahal ketika itu jihad dengan senjata sedang berkobar-kobarnya. Akhirnya, kalau mau jihad, ya harusnya dibekali dengan ilmu dulu.

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here