Bolehkah Istri Keluar Rumah Tanpa Izin Suami?

95
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jakarta, Muslim Obsession – Bagaimana seandainya jika ada seorang istri yang bisa dikatakan termasuk istri yang taat kepada suami, namun kurang mendapatkan perhatian dari sang suami, sehingga istri tersebut jika hendak keluar rumah tanpa meminta izin dari suaminya.

Lalu bagaimana hukum Islam memandang hal tersebut? Berikut penuturan dari Buya Yahnya:

Menurut Buya Yahnya, seorang istri yang shalehah adalah seorang istri yang tidak sekadar bisa menyenangkan suami, akan tetapi juga sabar akan kekurangan sang suami.

“Jika permasalahannya adalah masalah perhatian, sekarang yang perlu dipertanyakan adalah: Perhatian seperti apa yang anda inginkan? Kadang ada orang yang (mohon ma’af) selalu berlebihan di dalam mengharap perhatian. Karena mungkin melihat orang lain mendapat perhatian yang lebih dari suaminya, dia ingin mendapatkan seperti itu juga dari suaminya,” kata Buya Yahya, seperti dikutip dari website resmi buyayahya.org.

Akan tetapi, dijelaskan Buya Yahya, kaidah dalam hidup berumah tangga adalah “Lakukan kewajibanmu, dan jangan banyak menuntut!” Apa tugas seorang istri? Kemudian bagaimana sebaiknya seorang istri jika menemukan pasangannya tidak melaksanakan kewajiban atau kurang dalam melaksanakan kewajibanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here