BNPT Gandeng Kemenag untuk Program Deradikalisasi

326
Kepala BNPT Suhardi (Foto: Rappler)

Jakarta, Muslim Obsession – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) akan melibatkan Kementerian Agama (Kemenag) untuk program deradikalisasi. pelibatan ini diharapkan program deradikalisasi semakin efektif.

“Kemenag itu adalah salah satu unsur yang kita kerjasamakan. Karena itu peran pentingnya Kementerian Agama. Paling tidak harus menjadi ujung tombak,” kata Kepala BNPT Komjen Suhardi di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, (7/6/2018).

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VIII Ace Hasan Syadzily pun menilai pelibatan Kemenag sudah sangat tepat. Kemenag memilki sumber daya segalanya dari tingkat provinsi hingga kecamatan.

“Bahkan sampai ke tingkat desa melalui penyuluh agama dan KUA. Kalau upaya untuk melakukan deradikalisasi melalui kementerian agama, maka saya kira itu sesuatu yang sangat tepat,” ungkapnya.

Menurut Ace, BNPT dinilai tak mampu jika harus berjalan sendiri melakukan program deradikalisasi. Pelibatan Kemenag seperti melakukan pembinaan dan penyuluhan agama.

“Setelah itu kemudian dia menjadi institusi yang betul-betul mendiseminasi tentang Islam rahmatan lil alamin, ataupun agama lain untuk disebarkan ke masyarakat,” ujarnya. (Bal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here