Black Box Sriwijaya Air SJ182 Berhasil Ditemukan

121
Tim gabungan dari Basarnas dan TNI AL masih mencari maskapai Sriwijaya SJ-182 di Pulau Lancang, Kab. Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, Ahad (10/1/2021). (Foto: Edwin B/ Muslim Obsession)

Jakarta, Muslim Obsession – Setelah empat hari pencarian, Tim Sar gabungan akhirnya berhasil menemukan Black box atau kotak hitam dari pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Pulau Seribu.

Kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ-182 itu ditemukan di sekitar Pulau Laki-Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, pada Selasa (12/1/2021), pukul 16.20 WIB. Black box lalu dibawa menggunakan searider dan akan dibawa ke JICT II.

Ditemukannya kotal hitam menjadi sangat penting untuk bisa menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat. Sebab dengan kotal hitam itu semua peritiwa pasca jatuhnya pesawat terekam dalam sebuah kotak hitam tersebut.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melapor kepada Presiden Jokowi mengenai evakuasi pesawat Sriwijaya Air SJ182. Jokowi memerintahkan untuk mempercepat pencarian black box Sriwijaya Air.

“Dari laporan itu, Bapak Presiden memerintahkan kepada saya untuk mengkoordinasikan dengan cepat proses pencarian dari tubuh korban dan juga mempercepat proses dari pencarian black box. Insyaallah apa yang menjadi perintah Pak Presiden akan kami lakukan dan sore nanti saya diminta ke Priok untuk memastikan apa yang diperintahkan dilaksanakan dengan baik,” ujar Menhub Budi dalam siaran di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (12/1/2021).

Arahan kedua, Jokowi meminta Menhub mengkoordinasikan layanan serta menjamin hak-hak keluarga korban jatuhnya Sriwijaya Air di perairan Kepulauan Seribu. Budi menyatakan sudah memanggil pihak maskapai serta Jasa Raharja untuk santunan kematian.

“Yang kedua, presiden meminta saya untuk mengoordinasikan proses layanan kepada keluarga korban dengan sebaik-baiknya, dan juga memberikan pendampingan diperolehnya hak-hak dari pada keluarga korban sehingga segala sesuatu yang merupakan hak diselesaikan dengan baik dan cepat,” ungkap Budi. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here