Bingung Tentukan Pilihan? Ini Kriteria Pemimpin yang Harus Dipilih

762
Ust Farid Okbah
Ustadz Farid Ahmad Okbah

Jakarta, Muslim Obsession – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 akan terjadi di 171 daerah. Dari 34 provinsi di Indonesia, 17 di antaranya akan menggelar Pilkada, diikuti dengan 39 kota dan 115 kabupaten.

Pada pesta demokrasi tersebut, rakyat akan memilih pemimpin di masing-masing daerahnya. Pemimpin yang akan menjadi bagian paling penting bagi kesejahteraan rakyat di daerah tersebut, termasuk juga menjadi penentu bagi berlangsungnya kehidupan yang lebih religius.

Menurut Wakil Ketua Lembaga Dakwah Parmusi (Persaudaraan Muslimin Indonesia), Ustadz Farid Ahmad Okbah, setiap pemilih harus benar-benar memperhatikan para calon pemimpinnya.

“Oleh karenanya lihat dulu kriteria para calon tersebut. Ini penting agar tidak salah pilih dan ke depan kita dipimpin oleh orang-orang yang benar,” ujar Ustadz Farid kepada Muslim Obsession, Selasa (26/6/2018).

Ustadz Farid memberikan sejumlah kriteria pemimpin yang harus diperhatikan rakyat pemilih. Pertama, calon pemimpin harus memiliki rasa takut kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

“Artinya, ia harus beriman kepada Allah dengan keimanan yang kuat,” tandasnya.

Kriteria kedua, tambahnya, seorang calon pemimpin dinilai kuat kepribadiannya. Ia tidak boleh mau tunduk dengan tekanan konglomerat dan pihak manapun.

Kriteria berikutnya, sambung Ustadz Farid, rakyat harus memperhatikan sosok yang akan dipilihnya, apakah ia mampu dan bertintregritas atau tidak.

“Dan yang tak kalah pentingnya, calon tersebut harus diyakini bisa menegakkan keadilan sehingga mampu membawa rakyat sejahtera,” urainya.

Dan yang terakhir, seorang calon pemimpin harus memiliki perhatian yang kuat kepada rakyatnya.

“Indikatornya sederhana saja. Lihat, apakah ia selalu hadir shalat subuh berjamaah bersama rakyat atau tidak,” tegasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here