Biden Perpanjang Perlindungan Bagi Warga Suriah di AS

58

AS, Muslim Obsession – Pemerintahan Presiden Joe Biden memperpanjang bantuan deportasi untuk beberapa ribu imigran Suriah yang tinggal di Amerika Serikat, sebuah langkah awal yang sejalan dengan platform pro-imigrannya yang lebih luas.

Penjabat Sekretaris Departemen Keamanan Dalam Negeri David Pekoske mengatakan status perlindungan sementara, yang dikenal sebagai TPS, akan diperpanjang selama 18 bulan. Itu ditetapkan untuk kedaluwarsa pada 31 Maret.

“Tindakan ini memungkinkan lebih dari 6.700 warga negara Suriah yang memenuhi syarat (dan individu tanpa kewarganegaraan yang terakhir tinggal di Suriah) untuk mempertahankan TPS mereka hingga September 2022 dan memungkinkan sekitar 1.800 individu tambahan untuk mengajukan aplikasi awal untuk mendapatkan status tersebut,” menurut pengumuman tersebut, dilansir Al Jazeera, Ahad (31/1/2021).

Status sementara memungkinkan warga negara asing untuk tinggal di AS jika mereka tidak memiliki izin tinggal resmi lain dan berasal dari negara yang memenuhi kriteria tertentu yang membuatnya berbahaya untuk kembali.

Baca Juga: Biden Pulihkan Bantuan Palestina yang Sebelumnya Dihentikan oleh Trump

Urutan pembaruan mencakup warga Suriah dan orang-orang tanpa kewarganegaraan lain yang terakhir tinggal di sana.

Pekoske mengatakan Suriah terus memenuhi kriteria itu karena perang saudara. Dia mengutip faktor-faktor yang mencakup sasaran warga sipil yang disengaja, penggunaan senjata kimia, dan kelangkaan makanan dan air.

Biden, yang menjabat pada 20 Januari 2021 lalu telah berjanji untuk melakukan pendekatan yang lebih ramah kepada pengungsi dan imigran.

Sikap tersebut kontras dengan kebijakan garis keras mantan Presiden Republik Donald Trump, yang membatalkan banyak perlindungan kemanusiaan.

Trump sebagian besar berusaha untuk menghentikan pendaftaran dalam program TPS untuk imigran dari Amerika Tengah dan negara lain secara bertahap, tetapi terhalang oleh tantangan hukum.

Terlepas dari sikapnya yang keras, pemerintahannya dua kali memperpanjang perlindungan untuk warga Suriah karena konflik bersenjata yang sedang berlangsung dan akses terbatas ke perawatan medis di negara itu.

Biden juga berjanji untuk memberikan TPS kepada imigran dari Venezuela karena kondisi ekonomi di negara itu, meskipun Trump telah mendahului langkah itu dengan memberikan perlindungan melalui program serupa sebelum dia meninggalkan jabatannya.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here