Besok DPR Sahkan Jenderal Andika Jadi Panglima TNI

92
Jenderal TNI Andika Perkasa.

Jakarta, Muslim Obsession – Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Haris Almasyhari, mengatakan pencalonan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI tinggal selangkah lagi. DPR akan menggelar sidang Paripurna DPR RI pada Senin (8/11).

Agendanya adalah mengesahkan Jenderal Andika sebagai Panglima TNI. Hal tersebut disampaikan Haris usai verifikasi faktual di rumah Andika dalam rangkaian uji kelayakan dan kepatutan alias fit and proper test calon Panglima TNI pada Ahad (7/11).

Menurutnya, pihaknya juga telah mengundang Andika untuk menghadiri Rapat Paripurna DPR tersebut.

“Besok insya Allah jam 10.00 WIB Rapat Paripurna dan Andika juga diundang ke hadapan Rapat Paripurna untuk disampaikan bahwa pengambilan keputusan DPR ada di Rapat Paripurna besok,” kata Haris kepada wartawan di rumah Andika di Senayan Residence, Town House blok A9, Jalan Patal Senayan, Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Ahad, (7/11).

Terkait verifikasi faktual yang telah selesai, dia menerangkan, Komisi I DPR hanya memastikan rumah Andika dan bertemu dengan keluarga Andika.

Menurutnya, kedatangan pihaknya ke rumah Andika hanya bersilaturahmi dan tidak ada topik pembahasan yang penting.

“Tujuannya untuk bersilaturahmi ke rumah beliau, kita ingin memastikan bahwa beliau memang tinggal di sini, berkeluarga, ketemu juga dengan putranya tadi ya kalau bahasa kerennya verifikasi faktual agar ketika besok dikirim oleh DPR kami sudah berkunjung dan kita buktikan betul Andika memang tinggal di sini,” katanya.

“Tadi obrol seputar hobi kita, kebetulan tadi rata-rata hobi olahraga, seputar itu saja, enggak ada yang penting,” imbuh politikus PKS itu.

Dalam kesempatan yang sama, Andika mengucapkan terima kasih atas kehadiran pimpinan hingga anggota Komisi I DPR ke rumahnya.

“Saya juga terima kasih kepada pimpinan dan perwakilan fraksi yang telah hadir. Saya apa adanya saja, kalau ada yang kurang berkenan saya mohon maaf,” tuturnya.

Komisi I DPR telah menyetujui Andika menjadi calon Panglima TNI sesuai usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Persetujuan itu dinyatakan usai menyelesaikan uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI di DPR, serta usai rapat tertutup selama 2,5 jam mulai pukul 10.30-13.00 WIB, Sabtu (6/11).

Selain itu, DPR menyetujui juga pemberhentian Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang sebentar lagi akan memasuki masa pensiun. Hadi akan pensiun pada akhir November mendatang. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here