Berumur 624 Tahun, Masjid Aali di Srinagar Tampak Lemah

114
Masjid Aali (Foto: Greater Kashmir)

Srinagar, Muslim Obsession – Di ujung Eidgah di Srinagar, India, di antara sinar terik matahari dan teduhnya berbagai chinar yang perkasa, berdirilah Masjid Aali. Saksi bisu bagi sejarah enam abad Kashmir.

Disebut sebagai masjid terbesar kedua di Srinagar, Masjid Aali dikenal karena arsitekturnya yang unik. Masjid ini telah melalui fase kehancuran dan pembangunan kembali selama 624 tahun keberadaannya.

Namun, tempat bersejarah ini dalam bahaya besar dan tantangan baru. Pertama kecantikannya yang pudar dengan kurangnya perawatan. Kedua, gesekan kuat soal perebutan tanah. 

Menurut para ahli, masjid Aali adalah satu-satunya struktur yang dibangun dalam skala sebesar itu, yang telah dibangun dalam Eidgah, di setiap bagian dunia Islam. Secara historis masjid adalah masjid terbesar kedua yang akan dibangun di kota Srinagar setelah Masjid Jamia. Masjid yang ditinggalkan selama lebih dari 30 tahun dipugar oleh pemerintah dengan bantuan INTACH dan sejak itu telah secara teratur digunakan oleh umat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here