Berubah Lagi, Shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal Ditiadakan

113
Shalat Jumat di Masjid Istiqlal.

Jakarta, Muslim Obsession – Wakil Ketua bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal Abu Hurairah menyatakan pelaksanaan shalat Idul Fitri di Masjis Istiqlal akhirnya diputuskan untuk ditiadakan.

Pernyataan ini mengklarifikasi keterangan sebelumnya soal pelaksanaan Shalat Ied secara terbatas di Masjid Istiqlal akan dilakukan. Setelah dilakukan kajian lebih jauh, pengurus masjid memutuskan untuk meniadakan.

“Info terakhir, tahun ini Istiqlal tidak melaksanakan [salat] Idulfitri,” kata Abu dalam keterangannya, Selasa (11/5).

Abu menuturkan alasan Istiqlal tak menggelar Shalat Idul Fitri berjamaah tahun ini karena masih pandemi virus corona. Selain itu, pihak masjid juga mematuhi arahan pemerintah, dalam hal ini Menko PMK dan Menteri Agama, serta Gubernur DKI Jakarta ihwal panduan beribadah di masa pandemi.

Ia pun mengatakan bahwa keputusan Istiqlal untuk tak menggelar Shalat Ied berjamaah tahun ini sudah resmi. “Resmi,” kata Abu.

Sebelumnya, Masjid Istiqlal berencana akan menggelar Shalat Ied secara terbatas dengan jumlah 5.000 jamaah pada tahun ini.

Pada Hari Raya Idulfitri 1441 H/2020 tahun lalu, Istiqlal tak menggelar Shalat Ied berjamaah bagi publik. Hal itu dikarenakan pandemi virus corona yang merebak di Indonesia.

Istiqlal sendiri sudah membuka masjid dengan menggelar kegiatan beribadah secara berjamaah bagi publik sepanjang Ramadan 1442 H tahun ini.

Kegiatan shalat wajib 5 waktu hingga salat tarawih secara berjemaah rutin digelar dengan pembatasan jumlah pengunjung guna memastikan protokol kesehatan pencegahan virus Corona. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here