Bertemu Ketum PP Muhammadiyah, Wakapolri Bicarakan Potensi Besar Umat Islam

407
Ketum PP Muhammadiyah (Foto: BritaKita.Com)

Jakarta, Muslim Obsession – Wakil Kapolri, Komjen Pol Syafruddin menemui Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir, dalam pertemuan tersebut membicarakan terkait potensi besar umat Islam dan Indonesia, yakni sumber daya manusia.

Dalam hal ini, masjid memiliki peran besar untuk mendukung kapitalisasi sumber daya manusia agar lebih maju. Menurut Haedar, masjid tidak hanya berperan sebagai institusi keagamaan. Masjid bisa menjadi institusi ekonomi, pendidikan, kebudayaan, dan pemberdayaan untuk merekatkan jemaah dan masyarakat.

“Kami diskusi bagaimana menjadikan masjid menjadi institusi ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan yang bisa memajukan umat dan bangsa,” jelas Haedar usai pertemuan di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Kamis (5/7/2018)..

Sementara itu, Syafruddin, yang juga Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, menuturkan, dirinya mendiskusikan masalah umat, bangsa, dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia demi kemajuan Indonesia. Ini dapat disinkronkan dengan 800.000 masjid yang ada di Tanah Air.

“Kami mengurusi masjid yang jumlahnya 800.000 tidak terlepas perlu kontribusi besar Muhammadiyah. Bagaimanapun Muhammadiyah salah satu yang menciptakan sumber daya manusianya untuk mengisi, memakmurkan, dan dimakmurkan masjid,” ungkapnya.

Keduanya juga membicarakan dunia Islam secara keseluruhan. Sebab, imbuh dia, isu global terkait Islam akan memengaruhi Islam di Indonesia dan sebaliknya. Pertemuan itu dihadiri oleh delegasi kepolisian, Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh Muharrir Asyari, dan pengurus Muhammadiyah seperti Bahtiar Effendy, Imam Ad Daruquthni, Busyro Muqoddas dan Agung Danarto. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here