Berpuasa Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Jahat

396

Muslim Obsession – Ketika Ramadhan tiba, sejatinya setiap Muslim wajib bergembira. Apa pasal? Puasa ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan ditengarai bisa mengobati berbagai penyakit.

Menurut para pakar kesehatan, puasa tidak hanya sebagai proses detoksifikasi tubuh dari berbagai racun atau limbah yang selama ini mengendap, tapi juga bisa menurunkan kadar kolesterol.

Seperti dikutip dari Dokter Sehat, orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadan cenderung mengalami penurunan kadar kolesterol total pada tubuh hingga 7,9 persen lebih rendah.

Khusus untuk kadar kolesterol jahat, angkanya turun 2,6 persen di akhir bulan Ramadhan dan kadar kolesterol baik justru naik hingga 14,3 persen. Hal ini diketahui berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 32 partisipan yang ada di Maroko, salah satu negara di Afrika Utara yang mayoritas penduduknya Muslim.

Peneliti menyebutkan, partisipan cenderung mengonsumsi lemak dengan jumlah yang lebih sedikit. Selain itu, konsumsi lemak para partisipan juga lebih baik, yakni lemak tak jenuh, bukannya lemak jenuh yang tidak sehat.

Masalahnya adalah pola makan yang dilakukan para partisipan dari Maroko ini bisa jadi berbeda dengan pola makan masyarakat lain yang berasal dari budaya yang berbeda.

Selain turunkan kolesterol, orang yang berpuasa bisa menurunkan resiko stroke. Hal ini disebabkan oleh dampak puasa dalam menurunkan jumlah plak yang menempel pada dinding pembuluh darah.

Selain itu, banyak orang yang merasakan penurunan berat badan yang akhirnya terkait dengan menurunnya jumlah lemak di dalam tubuh. Kondisi ini bisa membantu menurunkan risiko stroke dengan efektif. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here