Berlin Larang Guru Muslim Mengenakan Hijab

483
Ilustrasi Pelarangan Hijab  (Foto: Istimewa)

Berlin, Muslim Obsession – Sebuah pengadilan di Berlin memutuskan pada Rabu (9/5/2018) bahwa seorang guru sekolah dasar Muslim tidak boleh mengenakan hijabnya selama di sekolah.

Pengadilan perburuhan Berlin berlasan, keputusan administrasi sekolah untuk tidak mengizinkan guru mengenakan hijab adalah sesuai dengan hukum netralitas.

Sebagaimana pengadilan juga telah melarang pegawai publik, termasuk guru, polisi, dan pejabat peradilan memakai simbol-simbol agama.

“Hukum netralitas tidak melanggar ketentuan konstitusi,” rilis pengadilan pada situs resminya, seperti dilansir Xinhua, Kamis (10/5/2018).

Beberapa wilayah bagian Jerman melarang guru mengenakan hijab. Namun ketentuan itu tidak berlaku untuk siswi perempuan Muslim di sekolah maupun universitas mereka.

Sementara itu, pada tahun 2015 Mahkamah Konstitusi Jerman membatalkan larangan hijab bagi para guru. Dengan alasan pentingnya kebebasan beragama. Meski 16 wilayah di negara tersebut menangani masalah ini secara mandiri.

Setidaknya, saat ini ada sekitar 4,7 juta Muslim tinggal di Jerman, yang kebebasan beragamanya dilindungi oleh konstitusi negara. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here