Berlapis Emas, Seniman Pakistan Buat Salinan Al-Quran Terbesar di Dunia

159

Muslim Obsession – Seorang seniman Pakistan terkenal, Shahid Rassam, dan lebih dari 200 rekannya telah bekerja sejak 2017 untuk mempersiapkan salinan Al-Quran terbesar di dunia.

Di sayap Dewan Seni Karachi, salinan Al-Quran ini akan dibuat dari aluminium dan dilapisi dengan emas di atas kanvas yang luas.

Rassam yang rata-rata menghabiskan 10 jam sehari mengerjakan proyek ini, memprediksi proyek langka ini akan selesai pada 2026.

Dilansir The Islamic Information, Rabu (20/10/2021) karya seni langka ini akan memiliki panjang 8,5 kaki dan lebar 6,5 kaki yang tidak diragukan lagi lebih luas daripada rekor Quran terbesar saat ini, yaitu salinan Quran 6,5 dan 4,5 kaki yang disiapkan di Afghanistan pada tahun 2017 dan sekarang disimpan di Masjid Kul Sharif di Kota Kazan di Rusia.

Salinan kitab suci biasanya dibuat dengan menggunakan bahan konvensional seperti kayu, kertas, kulit binatang, dan kain.

Namun, ini menandai pertama kalinya dalam lebih dari 1.400 tahun sejarah Islam. Al-Quran akan dicetak dalam alumunium dan lapis emas.

Seniman tersebut mengaku proyek ini cukup menantang karena berkaitan dengan kesucian Al-Quran, dan satu kesalahan kecil bisa merusak semua usaha mereka.

Rassam mengatakan, timnya membuat desain sendiri setelah mempelajari desain seni Turki, Arab, dan Iran. Namun, itu bukan campuran dari desain ini, tetapi itu adalah inspirasi.

Dia menambahkan bahwa sekitar 200 kilogram emas, 2.000 kg aluminium, dan 600 gulungan kanvas akan digunakan untuk menorehkan 77.430 kata pada 550 halaman.

Tak hanya itu, batu mulia seperti rubi, safir, zamrud juga akan digunakan untuk menerangi dan memperkaya desain.

Menurut Rassam, dia memulai proyek dengan dana sendiri. Tidak ada dukungan finansial dari pemerintah atau lembaga manapun. Namun, ada beberapa pemerintah asing yang mendekatinya dalam hal ini.

Rassam menekankan bahwa karyanya tidak hanya ditujukan untuk umat Islam tetapi juga untuk menarik orang-orang dari berbagai agama melalui seni dan budaya Islam yang ditampilkan dalam karya ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here