Berikan Kesejahteraan, Markaz Siapkan Empat Program Bagi 100 Desa

359
Markaz (Foto: Istimewa)

Kozhikode, Muslim Obsession – Sebuah kelomopok Muslim, Markazu Saqafathi Sunniyya (Pusat Kebudayaan Sunni) yang dipimpin oleh Sheikh Aboobacker Ahmed akan menerapkan empat program kepada 100 desa yang mereka pilih untuk memberikan kesejahteraan bagi desa-desa tersebut, hal itu sebagai bagian dari ulang tahun ke-41 lembaga tersebut.

Seperti dilansir Saudi Gazette, Markaz akan menerapkan empat program berbeda di desa-desa ini. Program tersebut di antaranya proyek pemberdayaan pendidikan, layanan sosio-ekonomi, skema kesejahteraan masyarakat dan inisiatif pertanian. Selain itu, adapula proyek lain yang diluncurkan yakni penyaluran satu juta buku catatan untuk siswa sekolah.

Wakil kepala kedutaan Palestina di India, Dr Wael Albattrekhi, meresmikan program yang diadakan di tempat Markaz, Kozhikode, India. Pada kesempatan tersebut, dia mengatakan bahwa kegiatan Markaz sangat luar biasa. Karena lembaga itu begitu terlibat dengan komunitas yang terpinggirkan di India.

“Sheikh Aboobacker merupakan seorang cendekiawan atau ulama berbakat yang selama beberapa dekade telah melayani dan mengembangkan masyarakat yang kurang beruntung tanpa memandang agama atau etnis mereka,” katanya, Selasa (24/4/2018).

Untuk  penyaluran dana anak yatim, sebagian dikeluarkan dari cek sebesar 1.5 crore Rupee diberikan kepada anak yatim. Sheikh Ahmed sendiri yang menyerahkan cek itu. Selain itu, ia mengatakan Markaz telah menyebarkan kegiatannya ke 22 negara, dalam upaya memperbaiki kondisi kehidupan orang miskin. Kini, Markaz telah memperluas kegiatannya dengan memilih 100 desa sebagai bagian dari fokus misi pada kegiatan pendidikan dan kemanusiaan.

“Ribuan orang yang bekerja di India dan luar negeri, terutama di negara-negara Teluk (GCC), sangat mendukung kegiatan Markaz. Dukungan keuangan dan organisasi dari mereka memungkinkan lembaga tersebut untuk melakukan proyek-proyek besar semacam itu untuk peningkatan komunitas dan bangsa,” ungkapnya.

Sementara itu, Sheikh Ahmad mengatakan, kalangan muda yang berpendidikan di masyarakat dapat memimpin sejumlah besar orang menuju jalan yang lurus, dengan memberi mereka masa depan yang cerah. Selama acara tersebut Sayyid Zainul Abideen Bafakhi Thangal meluncurkan proyek ‘One Million Notebooks (Satu Juta Buku Catatan)’. Sedangkan hakim distrik Chennai Zakkir Hussain meresmikan proyek desa pintar. Sementara Manajer umum Markaz, C. Muhammed Faizy, menyampaikan pidato utamanya dalam kesempatan tersebut.

Selain menyediakan makanan dan tempat tinggal bagi warga, Markaz akan memberikan pendidikan dan pelatihan di 100 desa dengan tujuan mengubah status desa tersebut. Markaz juga akan memasok satu juta buku catatan dan peralatan pendidikan lainnya kepada siswa yang kurang mampu. Sebagai bagian dari Markaz Orphan Care Project, 5000 anak yatim juga akan diberikan bantuan keuangan. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here