Berhala Pertama yang Disembah Manusia

1725
Sphinx (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Dalam sejarah Islam, berhala merupakan benda yang sangat buruk. Benda ini dianggap sumber dosa karena dijadikan sesembahan.

Masyarakat pra-Islam menjadikan patung yang mereka buat sebagai tuhan. Padahal, mereka sudah paham patung tidak akan memberikan manfaat maupun kerugian apapun pada manusia.

Ketika Fathu Makkah, Peristiwa yang terjadi pada tahun delapan Hijriyah. Dengan peristiwa ini, Allah menyelamatkan kota Makkah dari belenggu kesyirikan dan kedhaliman, menjadi kota bernafaskan Islam, dengan ruh tauhid dan sunnah. Dengan peristiwa ini, Allah mengubah kota Makkah yang dulunya menjadi lambang kesombongan dan keangkuhan menjadi kota yang merupakan lambang keimanan dan kepasrahan kepada Allah ta’ala.

Saat itu Rasulullah pertama kali menghancurkan berhala, agar masyarakat pada waktu itu tidak kembali menjadikan patung sebagai sesembahan. Rasulullah juga melarang umat Islam untuk menyimpan berhala di rumahnya. Rasulullah khawatir berhala itu akan berpotensi kembali disembah.

Lantas, sejak kapan manusia menyembah berhala?

1
2
BAGIKAN

1 KOMENTAR

  1. Ajaran Islam sdh turun bersama Adam manusia pertama. Jadi penyembahan berhala sdh dianggap dosa karena sdh ada agama Islam yg diajarkan Adam untuk tidak berbuat sirik menyekutukan Allah alias tidak ada tuhan selain Allah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here