Bergaya Barat, Masjid Ini Ternyata Punya Basement yang Unik

51
Masjid Abdul Gafoor (Foto: muslim.sg)

Muslim Obsession – Masjid Abdul Gafoor adalah masjid di Little India, Singapura. Masjid menawan dan penuh sejarah ini terletak di Dunlop Street di Area Perencanaan Rochor.

Masjid tertua di Singapura ini dibangun pada tahun 1907, dan restorasi utama bangunan selesai pada tahun 2003. Masjid tersebut saat ini dimiliki oleh Majlis Agama Islam Singapura.

Masjid Abdul Gafoor, sebelumnya dikenal sebagai Masjid Al-Abrar, dan melayani terutama para migran Tamil dan Bawean di masa lalu. Kemudian diganti namanya setelah salah satu dari dua pengawas awalnya, Sheikh Abdul Gafoor bin Sheikh Haider meninggal dunia. Maka untuk mengenang kontribusinya pada masjid dipakailah namanya tersebut.

Pada tahun 1998, ketika pihak berwenang ingin meningkatkan masjid, ruang bawah tanah yang terlupakan ditemukan kembali ketika rencana bangunan asli masjid ditemukan. Sebelumnya, hal itu disalahartikan sebagai tumpukan tanah.

Dikutip dari situs muslim.sg masih belum diketahui bagaimana ruang bawah tanah itu tersembunyi, tetapi ruang yang baru ditemukan ini memungkinkan masjid menampung 600 jamaah tambahan.

Pada 1979, masjid ini ditetapkan sebagai monumen nasional Singapura. Secara arsitektural, ini adalah campuran eklektik dari elemen Islam dan Barat. Di antara fitur-fiturnya yang Islami adalah lengkungan cinquefoil dan cetakan berat di sepanjang beranda ruang shalat. Fitur-fitur ini disandingkan dengan banyak pilaster yang terinspirasi dari Yunani kuno.

Saat ini, Masjid Abdul Gafoor melayani campuran jamaah berbahasa Tamil dan Inggris. Ini adalah salah satu dari sedikit masjid yang menyelenggarakan khutbah agama dalam bahasa Tamil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here