Beredar Hoaks Pernyataan Buya Syafii Soal Omnibus Law

48
Buya Syafii Maarif

Muslim Obsession – Di tengah-tengah memanasnya isu mengenai UU Omnibuslaw, beredar meme dan juga video tentang Buya Ahmad Syafii Maarif selaku Guru Bangsa dan Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah 1998-2008.

Meme dan video itu seakan-akan mengutip pendapat Buya Ahmad Syafii Maarif  yang menyatakan bahwa omnibuslaw itu UU yang (bertujuan) baik yang akan bisa mengurangi ketimpangan sosial yang sekarang ada di Indonesia. Hanya saja, UU itu salah disosialisasikan sehingga menimbulkan pertentangan yang tidak perlu di masyarakat.

Berdasar informasi dari Suara Muhammadiyah yang telah mencoba klarifikasi ke Buya Ahmad Syafii Maarif tentang hal itu. Buya menjawab bahwa yang tercantum di meme itu merupakan interpretasi orang atas tanggapan Buya pada artikel yang ditulis Dahlan Iskan yang diterima Buya (yang ternyata itu bukan artikel Dahlan Iskan).

Buya sendiri mengaku belum membaca UU yang sangat tebal yang jumlah halamannya terus berubah meski sudah diketok di sidang paripurna DPR tersebut.

Buya sendiri mengaku belum bisa menilai bagus tidaknya UU Ciptaker ini karena Buya belum membaca UU itu. Jadi kalau kemudian ada kesimpulan Buya Ahmad Syafii Maarif mendukung UU tersebut, itu merupakan kesimpulan yang tegesa-gesa.

Bagaimana sampai Buya menyatakan pendapat yang kemudian videonya beredar ini? Buya menyatakan bahwa Buya dimintai komentar seseorang (pembuat video) itu tentang artikel yang disebut ditulis Dahlan Iskan itu. Buya sendiri mengaku menghormati Dahlan Iskan.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here