Berdoa Terus Tidak Terkabul-Kabul, Coba Cek Mungkin Ini Penyebabnya

572

Jakarta, Muslim Obsession – Sebagai makhluk yang lemah, dalam Islam manusia diminta agar selalu berdoa memohon pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT. Doa juga merupakan wujud kepasrahan terhadap Allah, untuk menyingkirkan sifat kesombongan.

Dalam berdoa, Islam pun mengajarkan tata cara yang baik. Misalnya di tempat-tempat dan situasi tertentu yang dianggap makbul, disertai dengan mengangkat tangan, dan mendahului doanya dengan asmaul husna. Mengapa harus mengangkat tangan?

“Sebab, doa yang disampaikan sambil mengangkat tangan lebih cepat dikabulkan daripada diam,” kata Ustadz Adi Hidayat (UAH) dalam ceramahnya yang dikutip dari channel Youtube Audio Dakwah, Rabu (17/6/2020)

UAH mengatakan, keutamaan berdoa dengan tangan diangkat terungkap dari hadits riwayat Imam Abu Dawud nomor 1.188 sampai 1890.

“Allah sungguh merasa malu dan Maha Mulia dan merasa malu bila hamba memohon dengan mengangkat tangan dan diturunkan dalam keadaan hampa,” ungkap UAH.

Hadits ini merupakan jawaban atas pertanyaan sahabat mengenai bagaimana dengan orang yang berdoa sambil mengangkat tangannya.

Ditambah dengan membaca asmaul husna sebelum memohon kepada Allah, UAH mengatakan, pasti akan dikabulkan Allah lebih cepat.

“Perintah berdoa dengan mendahului membaca asmaul husna itu ada di surat 17 (Al Israa, Red) ayat 110 sampai 111,” ujar UAH.

Menyebut asmaul husna pun, kata dia, bisa disesuaikan dengan persoalan yang sedang dimintakan pertolongkan kepada Allah.

“Kalau ingin dibuka semua kesulitan, sebut Yaa Fattah, kalau ingin diluaskan rezeki sebut Yaa Rozzaq, kalau tidak ingin dipengaruhi orang, sebut Yaa Jabbaar. Jadi tidak usah disebut semua (asmaul husna, Red),” urai dai lulusan Libya ini.

Namun, kata UAH, ada orang yang sudah melakukan itu semua, tetapi doanya tidak dikabulkan.

“Mengapa? Karena makanannya, rumahnya, pakaiannya, dan perangkatnya haram. Yang haram masuk ke mulut, masuk ke perut, maka yang haram ini menutup kebaikan.

Tidak mungkin sesuatu yang baik akan masuk ke yang tidak baik,” terang UAH.

Jika seseorang sudah banyak berdoa, namun jarang terkabul, UAH menyarankan ada baiknya mengecek jangan-jangan ada harta haram yang melekat di badan.

Termasuk, mata dan telinga yang mungkin banyak dipakai untuk melihat dan mendengarkan yang haram. “Maka bertakwalah agar doa Anda dikabulkan,” ujarnya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here