Berbau Islam, India Ubah Nama Kota Allahabad Jadi Prayagraj

976
Kota Allahabad (Foto: Al-Jazeera)

Jakarta, Muslim Obsession Pemerintahan nasionalis Hindu di Uttar Pradesh India mengubah nama kota bersejarah Allahabad menjadi Prayagraj. Sebuah nama dengan nuansa Hindu.

Dilansir Al-Jazeera, Rabu (17/10/2018), Allahabad adalah sebuah kota berpenduduk lebih dari satu juta orang di negara bagian Uttar Pradesh Utara. 

Siddarth Nath Singh, seorang Menteri di Uttar Pradesh mengatakan, keputusan untuk mengganti nama kota itu dibuat pada pertemuan kabinet atas usulan Ketua Menteri Yogi Adityanath.

“Semua anggota kabinet senang dan mulai hari ini dan seterusnya, nama Allahabad akan berubah menjadi Prayagraj,” katanya seperti dikutip oleh surat kabar Indian Express.

Kota sekaligus rumah Perdana Menteri pertama India Jawaharlal Nehru itu diberi nama Allahabad oleh penguasa Muslim Mughal pada abad ke-16.

Sedangkan nama barunya, Prayagraj mengacu pada pertemuan sungai Gangga dan Yamuna, tempat festival mega Hindu Kumbh Mela, yang akan berlangsung pada bulan Januari mendatang.

Diketahui, sejak Adityanath ditunjuk untuk memimpin Uttar Pradesh, ia mengusulkan untuk mengganti beberapa nama bangunan era Mughal di negara bagian tersebut.

Tahun lalu, ia mengganti nama Stasiun Kereta Api Mughalsarai Junction menjadi Denn Dayal Upadhyaya, dan mengusulkan untuk mengganti nama bandara di Bareilly, Kanpur dan Agra dengan nama-nama bernuansa Hindu. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here