Berbahagialah Anda yang Sarapan dengan ‘Burjo’, Kenapa?

502

1. Sumber karbohidrat dan serat yang baik bagi tubuh

Meski seringkali dihindari oleh mereka yang sedang menurunkan berat badan, tubuh kita tetap membutuhkan karbohidrat karena penting bagi fungsi dan kesehatan tubuh. Kacang hijau termasuk salah satu sumber karbohidrat yang baik karena berjenis berkarbohidrat kompleks yang lebih baik untuk kesehatan.

2. Melancarkan pencernaan dan menurunkan risiko penyakit jantung

Kacang hijau mengandung serat makanan dan pati yang baik untuk memperlancar pencernaan, juga membantu memberi nutrisi bagi bakteri baik di dalam saluran cerna. Bahkan, penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa kacang hijau juga bermanfaat dalam membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan diabetes. Hal ini diduga berkaitan dengan kandungan antioksidan dan nutrisi penting di dalamnya yang memiliki sifat antiradang.

3. Membantu menjaga berat badan

Salah satu manfaat kacang hijau adalah dapat membantu mengontrol nafsu makan sehingga dapat membantu menjaga berat badan. Semua hal ini tercapai karena kandungan serat dan protein dari kacang hijau membuat Anda kenyang lebih cepat dan lebih lama, sehingga pola makan menjadi teratur serta menurunkan berat badan berlebih.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat kacang hijau lainnya adalah memiliki kandungan lemak yang rendah. Dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 347 kalori energi dan 1,15 gram lemak. Dengan kandungan lemak yang tergolong rendah, serta serat dan antioksidan fitosterol yang tinggi, konsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu penderita kolesterol tinggi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here