Berat! Perankan Tokoh Buya Hamka, Vino G Bastian Dites Ngaji dan Bahasa Arab

407
Vino G Bastian perankan Film Buya Hamka

Muslim Obsession – Sebagai bentuk media dakwah, kisah hidup Buya Hamka bakal difilmkan.

Haji Abdul Malik Karim Amrullah, atau yang lebih dikenal dengan Buya Hamka (1908-1981) ialah sosok ulama kharismatik, penulis, penyair dan juga tokoh Muhammadiyah yang berasal dari Sungai Batang, Tanjung Raya, Agam, Sumatera Barat.

Tidak main-main, dua perusahaan film besar nasional, yakni Falcon Picture dan Starvision yang akan menggarapnya, serta didukung Majelis Ulama Indonesia (MUI). Peran Buya Hamka sendiri akan dilakoni oleh Vino G Bastian.

Suami dari Marsha Timothy ini pun mengaku untuk mendapatkan peran seorang ulama seperti Hamka, bukanlah hal yang mudah.

“Saya sudah dapat peran ini dari 2017, cuma baru terealisasi sekarang, karena masalah kendala dan ada beberapa casting yang saya sudah terima, tapi saya harus ditemui dengan yang lain-lain. Cocok enggak, terus saya harus tes makeup lagi, kalau oke saya bisa masuk,” ungkap Vino G Bastian, saat ditemui di konferensi pers film Buya Hamka, di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Senin lalu.

“Jadi proses castingnya itu enggak cuma ketemu terus dapat, tapi ada test ini lagi. Saya juga pernah dites untuk baca Al-Quran gitu. Ya semuanya saya rasa untuk mencapai level lebih tinggi ya usahanya lebih besar, lebih banyak,” sambungnya.

Selain dites untuk membaca Alquran, bapak dari Jizzy Pearl Bastian ini juga dituntut untuk bisa berbicara dalam bahasa Arab. Ia pun mengungkap bahwa dirinya sempat kesulitan belajar bahasa Arab.

“Bahasa Arabnya nih rutin selama dua bulan seminggu beberapa kali kita bertemu dengan guru yang mengajarkan Bahasa Arab. Kebetulan MUI juga mengajarkan beberapa, dan teman di sini juga ada yang bisa, dan ternyata Bahasa Arab juga susah,” katanya.

“Ada bahasa pasar, bahasa resmi, ada bahasa Miah nya lah apa lupa. Jadi kita pakai yang cocok untuk film ini,” tambahnya.

Dalam Buya Hamka, Vino harus beradu akting dengan beberapa pemain papan atas Indonesia, di antaranya Laudya Cynthia Bella, Ayudia Bing Slamet, Desy Ratnasari, Donny Damara, Ben Kasyafani, Ferdy Solaiman, Teuku Rifnu Wikana, hingga Ayu Laksmi.

Film tersebut diketahui segera tayang pada 2020 mendatang, dan akan memulai produksi pada 1 April 2019 besok di Sumatera Barat, Semarang, Tegal, Jakarta, dan Sukabumi, dengan durasi syuting kurang lebih 62 hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here