Berapa Suhu Tubuh Normal? Begini Cara Mengukur Suhu Tubuh yang Tepat!

101

Muslim Obsession – Suhu tubuh normal bervariasi tergantung pada banyak faktor, termasuk usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas seseorang. Suhu tubuh normal untuk orang dewasa adalah sekitar 98,6 ° F (37 ° C), tetapi suhu tubuh dasar setiap orang sedikit berbeda, dan mungkin secara konsisten sedikit lebih tinggi atau lebih rendah.

Dilansir Medical News Today, Ahad (13/12/2020) bahwa pembacaan suhu tubuh bervariasi tergantung pada bagian tubuh mana seseorang melakukan pengukuran.

Pembacaan rektal lebih tinggi daripada pembacaan lisan, sedangkan pembacaan ketiak cenderung lebih rendah. Tabel di bawah ini memberikan kisaran normal suhu tubuh untuk orang dewasa dan anak-anak menurut produsen termometer:

Pembacaan suhu tubuh normal akan bervariasi dalam rentang ini tergantung pada faktor-faktor berikut: usia dan jenis kelamin seseorang waktu, biasanya paling rendah di pagi hari dan paling tinggi di sore hari tingkat aktivitas tinggi atau rendah makanan dan asupan cairan bagi wanita, tahapan dalam siklus menstruasi bulanan mereka dan metode pengukuran, seperti pembacaan lisan (mulut), rektal (bawah), atau ketiak.

Suhu normal pada orang dewasa

Suhu tubuh lebih dari 100,4 ° F (38 ° C) pada orang dewasa menunjukkan demam. Suhu tubuh orang dewasa normal, jika diukur secara oral, dapat berkisar antara 97,6–99,6 ° F, meskipun sumber yang berbeda dapat memberikan angka yang sedikit berbeda. Pada orang dewasa, suhu berikut menunjukkan bahwa seseorang mengalami demam: setidaknya 100,4 ° F (38 ° C) adalah demam di atas 103,1 ° F (39,5 ° C) adalah demam tinggi di atas 105,8 ° F (41 ° C) adalah demam yang sangat tinggi.

Para peneliti telah melihat perbedaan individu antara suhu tubuh normal orang. Sebuah studi yang mengamati hampir 35.500 orang menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua memiliki suhu terendah, dan wanita Afrika-Amerika memiliki suhu yang lebih tinggi daripada pria kulit putih.

Mereka juga menemukan bahwa kondisi medis tertentu dapat memengaruhi suhu tubuh seseorang. Misalnya, orang dengan tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme) cenderung memiliki suhu yang lebih rendah, sedangkan penderita kanker memiliki suhu yang lebih tinggi.

Suhu normal pada anak-anak

Suhu tubuh normal untuk anak usia 3–10 berkisar antara 95,9–99,5 ° F. Anak-anak cenderung memiliki suhu tubuh yang sama dengan orang dewasa.

Suhu normal pada bayi

Terkadang, bayi dan anak kecil memiliki suhu tubuh yang lebih tinggi daripada orang dewasa untuk pengukuran ketiak dan telinga. Suhu tubuh normal untuk bayi usia 0–2 tahun berkisar antara 97,9–100,4 ° F saat diambil secara rektal.

Suhu tubuh mungkin sedikit meningkat saat bayi tumbuh gigi. Suhu tubuh rata-rata bayi baru lahir adalah 99,5 ° F. Suhu tubuh bayi lebih tinggi karena mereka memiliki luas permukaan tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan berat badannya.

Tubuh mereka juga lebih aktif secara metabolik, yang menghasilkan panas. Tubuh bayi tidak mengatur suhu sebaik tubuh orang dewasa. Mereka berkeringat lebih sedikit saat cuaca hangat, yang berarti tubuh mereka menahan lebih banyak panas. Mungkin juga lebih sulit bagi mereka untuk mendinginkannya saat demam.

Kapan harus ke dokter?

Suhu tubuh yang berbahaya tergantung pada usia seseorang:

Dewasa

Suhu 100,4–104 ° F yang disebabkan oleh penyakit jangka pendek tidak boleh menyebabkan bahaya yang signifikan pada orang dewasa yang sehat.

Namun, demam sedang bisa lebih mengkhawatirkan bagi orang yang memiliki masalah jantung atau paru-paru. Hubungi dokter untuk suhu di atas 104 ° F atau lebih rendah dari 95 ° F, terutama jika ada tanda peringatan lain, seperti kebingungan, sakit kepala, atau sesak napas.

Suhu di atas 105,8 ° F dapat menyebabkan kegagalan organ. Dokter mendefinisikan hipotermia sebagai suhu yang turun di bawah 95 ° F. Hipotermia bisa berbahaya jika tidak ditangani dengan cepat.

Anak-anak

Anak-anak berusia antara 3 bulan sampai 3 tahun yang mengalami demam tetapi suhu di bawah 102 ° F tidak selalu membutuhkan obat. Hubungi dokter Anda jika seorang anak memiliki suhu tubuh lebih dari 102,2 ° F, atau memiliki suhu yang lebih rendah tetapi mengalami dehidrasi, muntah, atau diare.

Bayi

Jika bayi berusia 3 bulan atau lebih muda memiliki suhu rektal 100,4 ° F atau lebih, dapatkan bantuan medis darurat. Pada bayi yang sangat muda, sedikit demam dapat menandakan infeksi yang serius.

Bagaimana mengukur suhu Anda?

Ada banyak jenis termometer yang tersedia, dan metode terbaik bergantung pada usia seseorang:

Metode usia 0 sampai 3 bulan dengan rektal. Usia 3 bulan sampai 3 tahun dengan rektal, telinga, atau ketiak. Usia 4 sampai 5 tahun dengqn mulut, rektal, telinga, atau ketiak. Usia 5 tahun hingga dewasa dengan mulut, telinga, atau ketiak. Ingat, selalu ikuti instruksi pada kemasan termometer.

Jika pembacaan suhu sangat tinggi atau rendah, lakukan pembacaan lagi setelah sekitar 5 hingga 10 menit. Jika seseorang tidak yakin pembacaannya benar, mereka dapat mengambil pembacaan lagi dengan termometer yang berbeda.

Apa yang menyebabkan suhu tubuh berubah?

Menggigil terjadi untuk membantu menghangatkan tubuh. Area otak yang disebut hipotalamus mengatur suhu tubuh. Jika suhu tubuh naik di atas atau turun di bawah tanda 37 ° F, hipotalamus bekerja untuk mengatur suhu.

Jika tubuh terlalu dingin, hipotalamus mengirimkan sinyal untuk membuat tubuh menggigil, yang menghangatkan tubuh. Jika tubuh terlalu panas, ia mengirimkan pesan untuk mulai berkeringat, yang memungkinkan panas keluar dari tubuh. Infeksi juga menyebabkan sebagian besar demam. Demam berkembang sebagai cara alami tubuh untuk bereaksi dan melawan infeksi.

Gejala demam

Dokter menganggap demam sebagai suhu tubuh yang mencapai atau melebihi 100,4 ° F. Gejala lainnya termasuk: kehilangan nafsu makan, meriang, sakit kepala, sifat lekas marah, nyeri otot, gemetaran, berkeringat, dan lemas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here