Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Tertular Virus Covid-19?

96

Muslim Obsession – Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tertular virus corona jika Anda berada di sekitar seseorang yang terinfeksi? Sayangnya, tidak ada jumlah menit yang akurat dan pasti.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) A.S. baru-baru ini merevisi cara mendefinisikan kontak dekat, pelacak kontak orang melacak dan menyarankan untuk karantina dan menjalani tes.

Sebelumnya, kontak dekat adalah siapa saja yang menghabiskan setidaknya 15 menit dalam jarak enam kaki (180 sentimeter) dari seseorang yang dipastikan mengidap COVID-19.

Sekarang, 15 menit itu tidak perlu berturut-turut. Sebaliknya, kontak dekat adalah siapa saja yang berada dalam jarak enam kaki dari orang yang terinfeksi selama minimal 15 menit dalam periode 24 jam.

Mengapa aturan berubah? Pedoman tersebut mengikuti rilis sebuah penelitian yang menunjukkan bagaimana petugas lembaga pemasyarakatan di Vermont dinyatakan positif COVID-19 setelah beberapa interaksi singkat dengan enam narapidana yang tidak memiliki gejala.

Dalam shift delapan jam, karyawan tersebut mengalami 22 pertemuan dengan narapidana selama total 17 menit. Jadi, apakah Anda aman jika Anda menghabiskan waktu kurang dari 15 menit, total, dengan seseorang yang terinfeksi? Belum tentu. Lima belas menit hanyalah sebuah panduan.

“Anda ingin memberikan semacam pedoman luas yang mudah diingat tetapi pada kenyataannya ini adalah sebuah kontinum,” kata Neal Goldstein, asisten profesor riset epidemiologi dan biostatistik di Drexel University, dilansir Daily Sabah.

“Anda bisa berisiko rendah untuk jangka waktu yang lama atau Anda bisa berisiko tinggi untuk waktu yang singkat. Ada begitu banyak variabel yang memengaruhi dosis (virus) yang diterima seseorang, dan itulah yang terpenting. paling banyak,” ungkapnya.

Di luar waktu pemaparan, faktor lain yang berperan termasuk apakah orang yang terinfeksi memiliki gejala, tidak memiliki gejala atau mengembangkan gejala kemudian, apakah Anda berada di dalam atau di luar, jenis ventilasi yang ada, berapa banyak orang lain di sana, dan jenis aktivitas apa yang Anda sedang melakukan.

Misalnya, jika Anda bernyanyi bersama di dalam ruang bawah tanah teman versus duduk bersama di taman, tingkat risiko Anda meningkat dan Anda mungkin terinfeksi dalam waktu yang lebih singkat.

“Ada begitu banyak lapisan yang berbeda, jadi sulit untuk mendeskripsikan persentase risiko yang Anda hadapi, tetapi Anda ingin menghindari banyak lapisan,” ujar Goldstein.

Bagaimana jika Anda memakai masker?

Pedoman CDC untuk pelacakan kontak tidak berubah jika Anda mengenakan masker. Anda dianggap sebagai kontak dekat bahkan jika Anda dan orang yang terinfeksi memakainya. Tapi masker tetap penting untuk mencegah sakit.

“Masker membuat perbedaan besar. Saya tidak akan pernah berkata, ‘Oh, saya akan bergaul dengan orang ini tanpa masker, dan tidak apa-apa selama 14 menit tapi tidak 15 menit,'” kata Henry Raymond, seorang profesor dan ahli epidemiologi. di Universitas Rutgers.

“Ini adalah pedoman untuk membantu memfasilitasi pelacakan kontak dengan cara yang berarti, tetapi tidak boleh diterapkan sebagai pedoman tentang cara melindungi diri Anda sendiri,” katanya.

CDC mengatakan tidak memperhitungkan masker untuk pelacakan kontak karena masyarakat umum belum dilatih secara formal dalam memilih masker dan memakainya dengan benar.

Dan memakai masker yang salah meningkatkan risiko penyebaran dan tertular virus corona – seperti halnya waktu paparan yang lebih lama dan kedekatan dengan seseorang yang terinfeksi.

Meskipun 15 menit bukanlah jaminan keras dan cepat bahwa kita akan tetap aman, begitu pula enam kaki, tetapi keduanya membantu pelacak kontak mempersempit siapa yang masuk akal untuk karantina dan diuji setelah terpapar.

“Anda tidak ingin pelacakan kontak kembali ke saat Anda check out dengan kasir atau melewati seseorang di jalan,” kata Goldstein.

“Tidak pernah ada situasi dengan nol risiko tetapi itu akan menjadi beban yang tidak masuk akal dan pemborosan sumber daya yang luar biasa,” katanya.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here