Berapa Investasi untuk Membangun Desa Madani?

552

Oleh: Anding Sukiman (Ketua PW Parmusi Jawa Tengah)

Ada sebuah desa yang masyarakatnya hidup damai dan saat dikumandakan adzan mereka berduyun-duyun datang ke masjid untuk shalat berjamaah. Usai shalat mereka masih sempat berbincang rencana panen padi Inpago yang nasinya terkenal enak.

Ada yang usul agar hasil panen nanti, disamping untuk membayar pinjaman bibit padi dan pupuk dari Ustadz Hanan juga usul agar ada sumbangsih untuk guru mengaji yang membina pengajian di desa itu.

“Kita ini sudah diberi pinjaman oleh Ustadz Hanan berupa bibit padi dan pupuk, harganya sama dengan harga toko, dibayar panen tanpa bunga. Sudah itu Ustad Hanan masih mendidik anak-anak kita sampai pinter ngaji. Wajarlah kalau kita infak sebesar 5% dari nilai jual gabah kita. Yah sebagai amal dan terima kasihlah. Apalagi hasil padi kita meningkat,” kata Partno salah seorang warga desa Balaiharjo, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogori, Jawa Tengah, yang mengelola sawah seluas 1 hektar.

Desa Balaiharjo adalah salah satu desa binaan Parmusi yang dikenal dengan Desa Madani. Sebagai desa binaan, Balaiharjo mendapatkan guru mengaji untuk menghidupkan dakwah. Agar bisa diterima masyarakat, Ustadz Hanan memberikan pinjaman bibit padi Inpago sebanyak 750 kilogram untuk ditanam pada lahan seluas 30 hektar milik 98 Kepala Keluarga.

Pupuk senilai Rp31.800.000 dan bibit tersebut dipinjamkan kepada masyarakat dan dibayar setelah panen. Bibit padi dan pupuk tersebut akan semakin berkembang di desa itu bahkan di luar desa.

Kahadirah Ustadz Hanan yang melakukan pendampingan kepada petani sekaligus sebagai guru mengaji, pelan-pelan membawa perubahan besar. Karena setelah 5 bulan berjalan, desa itu menjadi sangat religius. Tandanya, setiap adzan masyarakat tanpa dikomando langsung berangkat ke masjid. Begitu juga dengan anak-anak yang rajin mengaji.

Pengamat desa berpikir, andaikan setiap desa se-Indonesia dipolakan seperti itu, pastilah dalam waktu 5 tahun, sumbangsih Parmusi akan sangat terasa di seluruh Kawasan NKRI. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here