Beragam Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung

142

Jakarta, Muslim Obsession – Menjaga organ tubuh agar tetap sehat adalah sesuatu yang penting. Organ jantung menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan kesehatanya. Diperlukan prilaku dan kebiasaan yang baik. Termasuk dalam soal makanan.

Terlebih saat musim corona ini, dimana anda diharuskan berada di dalam rumah lebih lama, tanpa aktivitas berat. Nah untuk itu sangat penting memasukkan beberapa makanan sehat yang baik untuk jantung, ke dalam menu harian Anda.

Dikutip dari Abouther, ahli gizi Raneem Abdulmajeed membeberkan makanan apa saja yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, juga untuk membantu membakar kalori lebih baik. Berikut adalah makanan pilihan utama yang baik untuk kesehatan jantung.

1. Teh hijau

Menurut laporan American Journal of Clinical Nutrition, minum tiga hingga empat cangkir teh hijau sehari, dapat membantu menurunkan berat badan lebih dari tiga kilogram dalam dua bulan. Teh hijau kaya akan antioksidan yang telah terbukti mempercepat metabolisme.

Cobalah untuk rutin mengonsumsinya, terutama di saat cuaca panas dengan mendinginkannya terlebih dahulu. Untuk menambah rasa, tambahkan lemon ke dalam teh hijau dan hindari tambahan gula.

2. Cabai

Banyak orang yang memakan cabai untuk membantu menurunkan berat badan dan membakar kalori. Cabai yang dimakan mentah, kering, bubuk atau dimasak, memang membantu tubuh membakar ekstra kalori. Tambahkan cabai ke dalam sup, daging atau bahkan air lemon jika Anda suka.

3. Biji-bijian utuh

Tubuh manusia membakar kalori dua kali lipat saat memecah makanan utuh. Tubuh menyukai makanan yang kaya serat, seperti oatmeal dan beras merah. Adalah baik untuk memilih jenis sumber karbohidrat yang tepat, agar Anda tetap sehat dan tidak mudah lapar.

Jika Anda ingin makan roti, pastikan membeli yang dilabeli dengan gandum utuh 100 persen.

4. Daging dan ikan tanpa lemak

Tubuh manusia membakar lebih banyak, saat mencerna protein daripada karbohidrat atau lemak. Untuk itu, penting memilih sumber protein yang baik. Pilih daging putih rendah lemak. Atau pilih ikan seperti tuna dan salmon, karena kaya omega-3.

5. Sayuran

Makanan sehat untuk jantung berikutnya adalah sayuran. Daun hijau dan sayuran lain penuh dengan vitamin, serat, mineral dan air. Sayuran akan membantu Anda kenyang lebih lama.

Brokoli dan bayam cocok untuk dikonsumsi setiap hari, karena kaya serat dan mengandung sedikit kalori. Dianjurkan untuk sarapan dengan salad dan protein seperti daging atau ikan, sehingga akan kenyang lebih lama.

6. Susu rendah lemak

Susu kaya akan kalsium dan vitamin D, yang membantu menjaga dan membangun massa otot. Juga untuk menjaga metabolisme tubuh. Kalsium sebenarnya membantu memecah lemak dan bahkan mencegahnya terbentuk.

Jika Anda tidak suka susu, cobalah keju parmesan. Ini adalah makanan yang membantu mengaktifkan hormon pembakaran lemak tubuh. Keju asal Italia ini lebih tinggi protein daripada produk susu lainnya, membuat Anda kenyang lebih lama.

7. Kacang-kacangan

Siapa yang tidak suka mengemil baik di tempat kerja atau di depan TV? Namun memilih camilan yang tepat adalah kunci untuk tetap langsing. Dan kacang-kacangan adalah pilihan yang tepat.

Sebuah penelitian di Purdue University menyimpulkan bahwa, orang yang rutin makan kacang akan merasa kenyang lebih lama daripada mereka yang makan kue beras.

Itulah 7 makanan sehat untuk jantung yang bisa rutin Anda konsumsi saat ini juga. Tidak ada kata terlambat untuk memulainya dari sekarang.
(Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here