Bentuk Partai Baru, Amien Rais: Berazaskan Islam Rahmatan Lil Alamin

94

Jakarta, Muslim Obsession – Setelah kecewa dan merasa dibuang di Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais kini semakin mantap membuat Partai baru yang akan didirikan bersama sejumlah rekannya.

Amien yang merupakan pendiri PAN itu berujar, alasan dirinya membuat partai baru adalah karena prihatin melihat kondisi bangsa Indonesia. Sementara banyak parpol saat ini yang cenderung kata dia, membiarkan kondisi keprihatinan ini terjadi.

“Saya yang prihatin dengan perkembangan kondisi bangsa dan negara kita akhir-akhir ini, bahwa ada kebutuhan perlunya muncul sebuah partai baru. Mungkin ada sebagian anak bangsa yang merasa bahwa kondisi bangsa Indonesia sekarang ini sudah baik-baik saja, tapi bagi kami banyak sekali indikasi yang menunjukan bahwa kita ini berada di ambang krisis,” kata Amien, Jumat (11/9/2020).

Amien mengatakan, rezim saat ini yang sedang memikul amanat rakyat semakin jauh atau menjauhi nilai-nilai moral atau etika dan akhlak yang baik. Hal itu juga semakin membulatkan tekadnya mendirikan partai baru sebagai cara untuk melakukan perubahan.

Dalam Partai baru yang akan didirikan nanti, Amien mengaku menggunakan asas Islam Rahmatan lil ‘Alamin. Artinya adalah partai yang berazaskan Islam yang membawa rahmat bagi semesta alam.

“Asas partai adalah Islam rahmatan lil alamin, Islam melarang diskriminasi atas nama apapun. sementara semboyan Kami adalah melawan kezaliman dan tegakkan keadilan. Lapisan kaum duafa dan mustad’afin di kalangan kita merasakan benar kehidupan yang merana, baik yang miskin secara kultural dan miskin secara struktural,” ujar Amien.

Menurut Amien, masyarakat itu ingin melihat masa depan yang lebih cerah, lebih adil dan lebih baik dari situasi dan kondisi Indonesia sekarang ini. Ayah dari Mumtaz Rais itu juga mengatakan, pesan pokok dari Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 juga begitu sejalan dengan Al-Quran makanya dirinya memilih asas Islam Rahmatan Lil ‘Alamin.

“Al-Quran dan Saya yakin juga Kitab Taurat dan kitab Injil memesankan dan memerintahkan hal yang sama tegakkan keadilan dan lenyapkan kezaliman,” ujar Amien.

Terkait waktu pendeklarasian, ujar Amien, saat ini masih didiskusikan kapan akan dilakukan. Begitu juga untuk Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, belum dapat diungkapkan secara detail.

“Tentang nama logo AD/ART dan lain-lain belum dapat diungkapkan sekarang. mohon bersabar tunggu tanggal hari serta bulan yang kami sendiri sedang bermusyawarah. Jadi bersabar itu indah fashabrun Jamil,” ujarnya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here