Benarkah Wanita Tidak Boleh Makan Timun Saat Sedang Haid?

69

Jakarta, Muslim Obsession – Selama ini banyak informasi simpang siur yang belum bisa dipastikan kebenarnya. Terutama menyangkut informasi kesehatan wanita. Salah satunya informasi yang menyebutkan bahwa makan timun saat haid bisa menyebabkan darah haid tersisa di dinding rahim dan memicu kanker ovarium. Benarkah demikian?

Sebenarnya tidak ada hubungan antara makan timun dengan menstruasi. Makan timun juga tidak akan memberikan dampak yang berarti terhadap menstruasi. Hal itu merupakan mitos yang beredar di masyarakat Indonesia. Artinya makan timun tetap dibolehkan saat wanita dalam keadaan menstruasi.

Menurut dokter spesialis kandungan yang dikutip hello sehat disebut mitos makan timun saat haid menyebabkan darah haid tersisa di dinding rahim tidaklah benar. Darah haid tidak akan tersisa di dinding rahim, selesai Anda menstruasi, berarti darah memang sudah bersih.

Proses menstruasi akan sama setiap siklusnya. Dari hari awal sampai maksimal tiga hari itu adalah proses utamanya, dinding rahim bagian dalam meluruh dan banyak jaringan endometrium yang luruh.

Endometrium yang banyak memiliki jaringan darah ini menjadi penyebab mengapa tiga hari pertama menstruasi darah yang keluar menjadi kehitaman. Tapi dinding rahim ini lama-lama bersih karena terjadi penutupan sampai hari ke tujuh, hanya tinggal flek sampai akhirnya bersih.

Jadi, hal yang wajar jika pada awal menstruasi darah yang keluar tidak berwarna merah. Yang perlu diingat adalah bahwa pada saat proses pembersihan, wajar pula jika masih ada beberapa darah yang masih menetes berupa flek. Pada akhirnya beberapa hari kemudian saluran pembuluh darah akan menutup sempurna.

Lalu benarkah timun menghambat darah menstruasi?

Jadi, wanita mengira bahwa darah yang berwarna agak kehitaman adalah darah yang tersisa di dinding rahim karena makan timun saat haid, hal ini tentu tidak benar.

Siklus menstruasi wanita diatur dan dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Keseimbangan hormon ini sangat dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan psikologis.

Makan timun saat haid tidak mempengaruhi keseimbangan hormon pada wanita dan tidak mempengaruhi siklus menstruasi, baik memperlancar maupun menghambat menstruasi. (Al)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here