Benarkah Prostitusi Adalah Profesi Paling Tua?

89
Prostitusi Malam

Jakarta, Muslim Obsession – Terungkap kasus prostitusi online yang melibatkan seorang artis/aktris Vanessa Angel di Surabaya semakin memperkokoh keyakinan bahwa bisnis dunia prostitusi tidak bisa dibubarkan dalam sejarah kehidupan manusia. Prostitusi bisa jadi akan tetap terus ada.

Kesan itu yang kemudian muncul adanya gagasan yang menyatakan “prostitusi adalah profesi tertua dalam kebudayaan manusia”. Poin ini seringkali muncul dalam berbagai pembahasan. Namun apakah anggapan ini memang demikian benar? Apakah prostitusi juga sudah ada dalam peradaban purba kita?

Jika mengacu pada artikel yang ditulis oleh Forrest Nickman dalam Slate.com pada 6 Maret 2012, lalu disebutkan keterangan antropolog University of Chicago, Don Kullic, bahwa prostitusi memang sudah ada sejak awal peradaban manusia, tetapi belum bisa dipastikan apakah hal ini memang menjadi profesi tertua.

Salah satu bukti bahwa prostitusi sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu adalah naskah-naskah yang menyebutkan bahwa tentara Israel memiliki banyak istri dan selir, Raja Solomon dikenal memiliki 700 istri dan 3.000 selir, dan pada masa Romawi Kuno, orang sudah bisa membeli seks dengan koin.

Walaupun memang seakan tergambar bahwa prostitusi sudah ada sejak lama, tetapi prostitusi dengan konsep menjajakkan diri di sepanjang jalan atau mereka yang berkumpul di gang-gang rumah disebut masih lebuh muda. Misal, Gang Dolly baru dikenal sejak masa Ratu Victoria di Inggris. Bahkan saat itu prostitusi disebut sebagai penyebab mewabahnya penyakit menular seksual.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here