Benarkah Pakai Sabu Tingkatkan Stamina, seperti Dirasakan Nunung?

322
Nunung terjerat Narkoba

Muslim Obsession – Belum lama ini, tanah air dikejutkan dengan kabar komedian Nunung yang ditangkap polisi akibat memakai narkoba jenis sabu. Salah satu alasan Nunung pakai sabu untuk tingkatkan stamina, karena aktivitasnya yang padat.

Alasan tersebut sebenarnya tidak berbeda dari oknum artis lainnya yang terjerat kasus yang sama: untuk menjaga stamina dan bikin energik selama menjalani padatnya aktivitas. Lalu benarkah pakai sabu bisa bikin energik dan stamina terjaga seperti yang dirasakan Nunung?

Sabu dan efeknya pada tubuh

Dikutip dari publikasi Klik Dokter, Selasa (24/7/2019) sabu, atau yang dalam dunia farmasi dikenal sebagai metamfetamin, sebenarnya adalah bahan kimia yang waktu awal penemuannya digunakan untuk kepentingan medis.

Oleh sang penemu, ahli kimia dan farmakolog organik asal Jepang, Nagai Nagayoshi, pengembangan metamfetamin ini salah satunya untuk mengobati pasien asma. Seiring dengan berjalannya waktu, metamfetamine atau sabu juga digunakan untuk mengobati pasien dengan keluhan lainnya seperti pasien dengan kesulitan konsentrasi dan lelah berkepanjangan. Namun pemberiannya harus dengan dosis yang sangat terbatas dan di bawah pengawasan dokter.

Karena hebatnya efek stimulan yang diberikan, sabu kemudian banyak disalahgunakan. Banyak orang yang memanfaatkannya di luar indikasi medis, tanpa memperhitungkan keamanan dosis yang digunakan.

Pakai sabu memang bisa memberikan efek lonjakan energi yang instan. Bila digunakan dengan diminum, efek ini akan muncul sekitar 20-30 menit setelahnya. Namun bila digunakan dengan cara dihirup, dalam hitungan beberapa menit efeknya bisa segera dirasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here