Benarkah Minum Tiga Cangkir Kopi Setiap Hari Bisa Picu Migrain?

47

Muslim Obsession – Sekelompok peneliti dari Beth Israel Deaconess Medical Center dan Universitas Harvard, mengungkapkan bahwa mengonsumsi tiga cangkir atau lebih minuman berkafein seperti kopi dan teh dalam satu hari, dapat memicu migrain kronis.  

Dikutip dari Daily Sabah, Rabu (9/10/2019) dalam ruang lingkup penelitian, para peneliti mengikuti selama enam minggu kebiasaan konsumsi minuman berkafein dari 98 orang dewasa yang menderita migrain.

Mereka menganalisis frekuensi rasa sakit yang disebabkan oleh migrain yang dialami oleh setiap peserta berdasarkan konsumsi minuman seperti kopi atau teh.

Sedangkan faktor-faktor lain, seperti konsumsi alkohol, tingkat stres, kebiasaan tidur dan aktivitas fisik juga dipertimbangkan selama penelitian, yang menurut para peneliti tidak mempengaruhi hasil.

Dokter Elizabeth Mostofsky, yang memimpin penelitian mengatakan, “Berdasarkan penelitian kami, minum satu atau dua minuman berkafein sehari tampaknya tidak terkait dengan mengembangkan sakit kepala migrain, namun tiga porsi atau lebih mungkin dikaitkan dengan kemungkinan lebih tinggi.”

Untuk diketahui, hasil penelitian ini diterbitkan dalam American Journal of Medicine.

Dikutip dari Klik Dokter, minum kopi dengan kadar yang cukup mampu mengurangi sakit kepala. Namun, konsumsi kafein setiap hari untuk mengurangi migrain atau sakit kepala sangat tidak dianjurkan.

Pasalnya, dosis kafein yang diperlukan makin lama makin besar, hingga akhirnya menimbulkan efek ketergantungan.

Sekali Anda tidak mendapat asupan kafein lagi, maka akan muncul gejala penarikan (withdrawal) berupa lemas, mual, muntah, dan sakit kepala. Gejala-gejala baru akan berkurang dalam satu hingga dua minggu.

Melihat sisi baik dan buruk yang dimiliki kopi, para peneliti dan praktisi medis menyarankan Anda untuk mengonsumsi kafein hanya 200–300 mg per hari. Jumlah ini setara dengan 2 cangkir kopi dalam sehari.

Peneliti pun menganjurkan untuk tidak menggunakan kopi sebagai terapi utama dalam mengatasi migrain atau sakit kepala. Keluhan tersebut dapat diatasi dengan cara yang lebih alami seperti cukup istirahat, minum air putih, konsumsi makanan bergizi, dan melakukan aktivitas fisik harian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here