Benarkah Ikan Paus yang Menelan Nabi Yunus Masih Hidup Hingga Sekarang?

164

Muslim Obsession – Kisah Nabi Yunus yang ditelan ikan paus pasti sudah sering terdengar. Cerita singkatnya, Nabi Yunus saat itu meninggalkan kaumnya yang tidak mau beriman.

Atas kehendak Allah, Nabi Yunus yang kala itu diceritakan terombang ambing di lautan, dihampiri seekor paus lalu menelannya. Seketika Nabi Yunus berada di perut paus tersebut.

Di dalam sana, Nabi Yunus terus menerus berdzikir dan memohon ampunan kepada Allah. Beliau sadar bahwa tidak seharusnya meninggalkan kaumnya.

Lantas beliau berdoa yang doanya tertuang dalam Surat Al-Anbiya ayat 87:

لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ

Laa Ilaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzhalimin

Artinya:
Tidak ada tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim.

Allah lalu mengabulkan doa Nabi Yunus dan mengeluarkan Nabi Yunus ketika paus berada di dekat daratan. Lalu turunlah ayat As-Saffat ayat 143-144.

“Maka sekiranya dia tidak termasuk orang yang banyak berzikir (bertasbih) kepada Allah, niscaya dia akan tetap tinggal di perut (ikan itu) sampai hari kebangkitan.”

Berdasarkan ayat tersebut, banyak yang mengira bahwa paus yang menelan Nabi Yunus tersebut masih hidup hingga sekarang bahkan hingga hari kebangkitan kelak.

Namun, menurut Ustadz Khalid Basalamah melalui ceramahnya, mengatakan bahwa bukan berarti paus tersebut masih ada hingga sekarang.

“Kata sebagian ulama tafsir yang dimaksud adalah Allah akan memanjangkan umur ikan tersebut sebagaimana Nabi Yunus akan dipanjangkan umurnya hingga hari kiamat kalau beliau tidak bertaubat. Jadi bukan berarti ikannya masih hidup hingga sekarang. Karena buktinya Allah keluarkan Nabi Yunus dari perut ikan itu,” jelas Ustadz Khalid, dikutip dari Youtube, Senin (20/9/2021).

Lebih lanjut, Ustadz Khalid mengimbau agar persoalan hidup atau matinya paus tersebut tidak perlu diperdebatkan.

Wallahu A’lam bish Shawab..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here