Benarkah AC Bisa Sebabkan Infeksi Paru? Cek Faktanya!

81
AC

Muslim Obsession – Salah satu aktor senior Indonesia, Robby Tumewu, meninggal dunia pada Senin (14/1/2019) lalu. Setelah lama terserang stroke, terkonfirmasi bahwa Robby Tumewu justru meninggal dunia karena infeksi paru.

Terkait hal ini, apa yang bisa menyebabkan infeksi paru? Apakah pendingin ruangan bisa menyebabkan seseorang terkena infeksi paru?

Apa penyebab infeksi paru?

Infeksi paru adalah penyakit yang menyerang organ pernapasan. Selama ini, infeksi paru identik dengan paparan polusi udara, asap rokok, dan kondisi ruangan yang lembap.

Namun, salah satu yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi paru pada manusia adalah pendingin udara atau biasa disebut air conditioner (AC).

Sebenarnya, bukan pendingin udara yang menyebabkan infeksi paru, tapi keadaan sekitar atau ruangan yang berpendingin udara.

“Kalau (mesin pendingin udara) secara langsung sih tidak, tapi pendingin udara kan menyebabkan adanya sirkulasi udara di dalam ruangan. Jadi, kalau di daerah tersebut atau sekitar pendingin udara itu lagi banyak kuman, pendingin udara bisa jadi sarana penyebaran kuman dan bakteri. Jadi, tidak secara langsung dari alatnya,” ujar Adeline Jaclyn dikutip dari KlikDokter.

“Pendingin udara itu juga bisa menyimpan debu. Dalam hal ini, pendingin ruangan mensirkulasi apa yang diambil, terus disebarkan lagi ke dalam ruangan. Jadi, kalau pendingin itu mensirkulasi debu, itu mungkin baru bisa menyebabkan infeksi paru,” tutur dr. Adeline.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here