Belum Usai Covid-19, China Diserang Hantavirus. Apa Itu?

877
Tikus menjadi penyebab utama Hantavirus.

Muslim Obsession – Belum usai wabah virus Corona (Covid-19) di China, kini Negeri Tirai Bambu itu harus menghadapi Hantavirus. Jika Covid-19 menyebar di Wuhan, Hantavirus ditengarai menyebar di Yunnan.

Di Yunnan, seorang pria yang dites positif hantavirus telah meninggal. Menurut Global Times China, pria yang terinfeksi Hantavirus meninggal saat dalam perjalanan ke Provinsi Shandong dengan bus. Sekitar 32 orang lainnya berada di bus yang sama yang sekarang sedang diuji virusnya.

Apa itu Hantavirus?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok, “Hantavirus adalah keluarga virus yang disebarkan terutama oleh tikus dan dapat menyebabkan beragam sindrom penyakit pada orang di seluruh dunia. Infeksi dengan Hantavirus apa pun dapat menghasilkan penyakit Hantavirus pada manusia. Hantavirus di Amerika dikenal sebagai hantavirus “Dunia Baru” dan dapat menyebabkan sindrom paru Hantavirus (HPS).

Hantavirus lain, yang dikenal sebagai Hantavirus “Dunia Lama”, kebanyakan ditemukan di Eropa dan Asia dan dapat menyebabkan demam berdarah dengan sindrom ginjal (HFRS).

Laporan menunjukkan bahwa seorang anak berusia 12 tahun telah dites positif Hantavirus di Mumbai pada tahun 2016 dan meninggal karena infeksi.

Apa yang menyebabkan Hantavirus?

CDC Tiongkok menyatakan: “Setiap serotipe hantavirus memiliki spesies inang hewan pengerat spesifik dan disebarkan kepada orang-orang melalui virus aerosol yang ditumpahkan dalam urin, feses, dan air liur, dan lebih jarang dengan gigitan dari inang yang terinfeksi. Hantavirus paling penting di Amerika Serikat yang dapat menyebabkan HPS adalah virus Sin Nombre, yang disebarkan oleh tikus rusa.”

Selain itu, Layanan Kesehatan Masyarakat Kanada menyatakan bahwa penyakit ini dapat disebabkan “dengan menghirup partikel virus dari urin tikus, kotoran atau air liur”. Penyakit ini dapat disebabkan ketika seseorang bersentuhan dengan virus dengan menyentuh benda atau makan makanan atau air liur yang telah dilepaskan di udara. Dikatakan bahwa gigitan tikus dapat menyebabkan penyakit dalam keadaan langka.

Apa saja gejala Hantavirus?

Hantavirus memiliki masa inkubasi singkat dan dapat dikirim ke korban selama satu hingga delapan minggu. Gejalanya meliputi: Demam, kelelahan dan sakit otot. Kelompok otot besar seperti paha, pinggul, punggung, dan bahu sering terasa sakit ketika seseorang terinfeksi hantavirus.

Gejala lain termasuk menggigil, sakit perut, sakit kepala, pusing, mual, muntah dan diare. Pada tahap lanjut, paru-paru orang yang terinfeksi menjadi penuh dengan cairan dan korban mengalami kesulitan bernapas.

Bagaimana Hantavirus menyebar?

Manusia dapat tertular Hantavirus ketika mereka bersentuhan dengan tikus yang membawa virus. Penyakit ini tidak dapat ditularkan dari orang ke orang.

Seseorang dapat terjangkit virus ini jika ia menyentuh mata, hidung atau mulut mereka setelah menyentuh kotoran tikus, urin, atau bahan bersarang. (Ars)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here