Belum Banyak Diketahui, Ini Manfaat Shalat 5 Waktu Bagi Tubuh

8038
Shalat
Shalat (Foto: NU.or.id)

Muslim Obsession – Semua Muslim diharuskan untuk melakukan shalat 5 waktu sehari, jika mereka secara fisik dan mental mampu melakukannya dalam kapasitas apa pun. Ini adalah salah satu bagian terpenting dalam agama Islam, dan perbedaan utama antara gaya hidup Muslim dan non-Muslim.

Bagi sebagian Muslim, shalat adalah persyaratan agama dan tidak ada yang lain. Selain itu shalat juga adalah pengorbanan untuk mendekatkan diri kepada Allah setiap hari.

Sementara shalat memang memiliki banyak manfaat agama dan spiritual. Dalam shalat setiap orang menemukan motivasi atau inspirasi dengan cara yang berbeda. Maka dari itu Muslim Obsession akan memaparkan 5 manfaat shalat yang tak banyak diketahui dikutip dari Patheos.

1. Shalat Bentuk Meditasi

Meditasi mindfulness adalah hal yang populer akhir-akhir ini. Ada praktik yang dipandu di YouTube, dan di kelas diadakan perguruan tinggi. Dan untuk alasan yang baik, karena beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi mindfulness dapat membantu orang menjadi lebih santai dan penuh perhatian.

Shalat juga merupakan bentuk meditasi yang serupa. Itu memanggil kita untuk mengosongkan pikiran kita dari pikiran yang mengembara dan melemaskan tubuh kita. Meditasi bisa jadi sulit dilakukan untuk jangka waktu yang lama, tetapi shalat biasanya hanya memakan waktu 5-15 menit per doa.

Dalam meditasi mindfulness, orang biasanya diberitahu untuk fokus pada nafas atau tubuh fisik mereka. Dalam shalat, kita fokus hanya pada Tuhan, seolah-olah kita berdiri dan membungkuk langsung di hadapan-Nya. Ini juga meregangkan tubuh kita dengan cara yang mirip dengan beberapa pose yoga, seperti “membungkuk setengah ke depan” dan “pose anak-anak.”

Bagi orang dengan penyakit mental seperti depresi dan kecemasan, shalat bisa menjadi bentuk pertolongan yang sangat dibutuhkan. Bahkan jika seseorang tidak memiliki penyakit apa pun, shalat dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh mereka. Itu menghilangkan kita dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari dan membantu kita menghubungkan jiwa kita dengan Pencipta kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here