Begitu Besarnya Keutamaan Memberi Makanan Untuk Orang yang Berpuasa

183

Jakarta, Muslim Obsession – Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amal soleh. Karena setiap kebaikan yang dilakukan pada Ramadhan ini, akan mendapat ganjaran berkali-kali lipat.

Salah satu kebaikan yang bisa dilakukan adalah memberi orang makan saat berbuka puasa. Mereka yang mau memberikan makanan untuk orang yang berbuka puasa akan diberikan ganjaran yang berkali lipat.

Hal itu sebagaimana diriwayatkan dalam HR. Tirmidzi maupun Ibnu Majah, Ahmad dan Al-Hafizh Abu Thahir, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”

Tak hanya itu, orang yang memberi makan saat berbuka puasa juga dijanjikan untuk masuk ke surga. Nabi SAW pernah berkata kepada seorang sahabat:

“Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya.”

Tidak hanya itu, Nabi Muhammad SAW pun pernah ditanya: “Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?”

Kemudian Rasul menjawab: “Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia pada tidur.” (HR. Tirmidzi).

Ustadz Maulana dalam sebuah kajianya juga pernah mengatakan, keutamaan lain dari orang yang memberi makan ketika berbuka ialah mendapat doa dari orang yang diberikan makanan.

Ia mengatakan, apabila orang yang menyantap makanan mendoakan si pemberi makanan, maka sungguh itu adalah doa yang terkabulkan.

Seperti diketahui, doa orang yang berbuka puasa adalah doa yang paling mustajab. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

“Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak: (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Doa orang yang terzolimi.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban).

Terlebih, orang yang diberikan makanan mendoakan dengan doa yang pernah dipraktikkan oleh Nabi Muhammad SAW.

“Allahumma ath’im man ath’amanii wa asqi man asqoonii” (Ya Allah, berilah ganti makanan kepada orang yang memberi makan kepadaku dan berilah minuman kepada orang yang memberi minuman kepadaku).” (HR. Muslim).
(Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here