Begini Peran Umat Islam di Amerika dalam Penanganan Corona

130

Jakarta, Muslim Obsession – Tingginya kasus corona di Amerika Serikat membuat umat Islam di negara tersebut tergugah untuk ikut membantu melakukan penanganan. Meski umat Islam di Amerika menjadi kelompok minoritas. Namun peran mereka cukup besar.

Manager Penjangkauan dan Kemitraan Lembaga Kebijakan dan Pemahaman Sosial, Petra Alsoofy menyatakan bahwa ada dua negara bagian di Amerika Serikat yang terdapat paling banyak masyarakat beragama Islam. Keduanya ialah di Michigan dan New York. Meski secara keseluruhan Islam tetap agama minoritas.

“Tiga persen dari masyarakat Michigan adalah kaum muslim, 15 persen dari semua dokter adalah kaum muslim, dan 15 persen apotek juga muslim,” ujar Petra dalam live instagram dengan akun @uscongensby.

“Lebih dari 160 ribu orang memberikan perawatan medis untuk 1,6 juta pasien dan layanan sosial 24 ribu kelompok, 100 ribu pekerjaan, 5,5 miliar dari ekonominya. Ini memberikan kontribusi besar bagi negara bagian Michigan,” tambahnya.

Sedangkan di New York, kontribusinya ialah lebih dari 95 ribu dimiliki masyarakat beragama Islam. Warga muslim di sana menciptakan lebih dari 250 ribu pekerjaan dan memberikan dana USD608 juta kepada yayasan dari komunitas muslim.

“Bagaimana masyarakat Amerika merasa covid-19 dan akibatnya. Memang ada bagian komunitas Amerika Serikat di bawah garis kemiskinan dan merasakan dampak covid-19 secara besar,” tuturnya.

Selain itu, ada sejumlah upaya lainnya yang dilakukan untuk membantu sesama umat Islam dalam memerangi wabah covid-19 di Amerika Serikat. Ada kumpulan 40 organisasi berbeda yang wakili berbagam pihak mulai dari pakar kesehatan hingga pemimpin agama.

“Mengeluarkan fatwa solat di rumah, hingga keterlibatan sipil, dan menawarkan layanan kesehatan mental dan emosional. Ini memberikan saran ke masyarakat bagaimana cara menangani covid-19,” pungkasnya.

Selain itu, ada kontribusi lain dengan memanfaatkan teknologi di tengah pandemi. Di antaranya, ada webinar gratis, sesi konsultasi untuk mengurangi kecemasan terhadap covid-19, serta memberikan kebutuhan makanan kepada orang-orang yang membutuhkan, dan sebagainya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here