Bedanya Kalender Islam dan Kalender Masehi

101
Kalender (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Bagi umat Islam, kalender Islam tidak hanya memiliki makna sentimental perhitungan waktu dan menandai peristiwa keagamaan yang penting, seperti puasa dan haji. Tetapi memegang makna religius dan historis yang jauh lebih dalam.

Penanggalan Islam atau yang sering disebut Kalender Hijriah ini tentu sangat berbeda dengan Kalender Masehi yang berlaku di seluruh dunia.

Kalender Islam dimulai dengan salah satu peristiwa paling ikonik dalam sejarah Islam. Yakni, peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw. dari Makkah ke Madinah. Di mana Bulan Muharram yang menandai dimulainya tahun baru Islam.

Tidak banyak yang tahu, bahwa Kalender Hijriah diperkenalkan oleh Umar bin Khattab. Seorang khalifah kedua yang dikenal tegas dan ditakuti ini memperkenalkan Kalender Hijriah pada tahun 638 Masehi.

Pengenalan kalender itu berakar pada upaya merasionalisasi sistem penanggalan yang berkali-kali bertentangan, yang digunakan selama periode waktu tersebut. Biasanya disingkat sebagai ‘AH’ dalam bahasa Barat dan Muharram 1, 1 AH. 

Migrasi itu akhirnya mengarah pada fondasi kota Muslim pertama, yang dengan sendirinya menjadi titik balik, bukan hanya dalam sejarah Islam tetapi juga sejarah dunia.

Semua peristiwa sejarah dalam sejarah Islam yang tertanggal dalam kalender Islam, berfungsi sebagai peringatan atas pengorbanan para pejuang Islam terutama Nabi Muhammad Saw.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here