Baznas Pasaman Akan Bentuk 315 Pengusaha Baru

512
Baznas Jabar
Salah satu kegiatan Baznas di Pidie, Aceh. (Foto: Baznas Jabar)

Lubuk Sikaping, Muslim Obsession – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Syafrizal, membidik 315 orang yang akan dibentuk menjadi pengusaha muda baru selama 2018.

Menurut Syafrizal, mereka nantinya akan diberi bantuan modal, dibina dan diarahkan sampai usaha yang ditekuni berkembang baik.

“Ini salah satu upaya untuk mewujudkan visi dan misi pemerintah daerah, yakni mewujudkan masyarakat yang sejahtera, agamis dan berbudaya,” kata Syafrizal di Lubuk Sikaping, Rabu (10/1/2018).

Syafrizal menjelaskan, para pengusaha muda baru ini berasal dari masing-masing nagari, sekitar tiga hingga lima orang per nagari. Di Pasaman terdapat 62 nagari terdiri dari 37 nagari defenitif dan 25 nagari persiapan. Setiap nagari akan muncul pengusaha baru yang akan mendorong tumbuhnya ekonomi nagari.

Selain akan memberikan modal kepada calon pengusaha baru ini, Baznas juga akan membina di bidang ibadah, akidah akhlak, dan muamalahnya. Sebagai syarat untuk menjadi pengusaha muda tersebut yakni adanya surat keterangan dari pengurus masjid bahwa orang tersebut betul-betul jamaah masjid setempat.

Syafrizal menambahkan, tahun ini Baznas juga menargetkan pengumpulan zakat sebanyak Rp6 miliar rupiah atau lebih tinggi Rp2,7 miliar dari jumlah zakat yang terkumpul di tahun 2017.

Jumlah tersebut, kata dia, dihimpun dari 4.041 mustahik yang sebagian besar terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN). Sementara potensi zakat di luar ASN prosentasinya masih rendah, yakni sekitar 2 persen.

Kendati demikian, terang Syafrizal, jumlah zakat tersebut belum maksimal diambil dari seluruh ASN yang ada di kabupaten ini karena jumlah mereka mencapai 4.778 orang.

“Kita akan menyosialisasikan pentingnya zakat ini kepada para ASN dan masyarakat Pasaman pada umumnya untuk menggenjot dana zakat,” ungkapnya.

Syafrizal meyakini, adanya potensi zalat yang dimiliki oleh masyarakat tersebut dapat secara perlahan-lahan mengentaskan kemiskinan.

“Baznas juga akan melakukan program jemput zakat. Tim akan bergerak untuk mengingatkan dan memungut zakat ke seluruh warga yang telah wajib berzakat sesuai dengan petunjuk Al-Quran dan Hadits,” tegasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here