Baznas Dorong Pemerintah Potong Gaji PNS untuk Zakat

762
Imam Rulyawan
Direktur Utama Dompet Dhuafa, Imam Rulyawan. (Foto: Edwin Budiarso/Muslim Obsession)

Subang, Muslim Obsession – Dompet Dhuafa mendukung usulan agar pemerintah memotong gaji PNS 2,5 persen untuk zakat yang nantinya akan disalurkan kepada rakyat miskin.

Direktur Utama Dompet Dhuafa Imam Rulyawan mengatakan, zakat dinilai punya peran yang cukup penting dalam membangun kesejahteraan umat, terutama dalam mengentaskan kemiskinan dalam menaikkan taraf hidup kaum dhuafa.

“Saya setuju karena memang sebenarnya secara prinsip zakat itu adalah wajib, yang penting lembaga zakatnya baik Baznas atau Dompet Dhuafa sekalipun itu harus bisa menjalankannya secara amanah, profesional, akuntabilitasnya jelas, transparansinya juga jelas, bisa di audit secara transparan, dan yang paling penting memberikan dampak terhadap pengetasan kemiskinan,” ujar Imam kepada Muslim Obsession, Ahad (7/1/2018).

Sebelumnya, Badan Amil Zakat Nasional mendorong pemerintah untuk memotong gaji dana PNS Muslim untuk zakat, sehingga potensi zakat di Indonesia bisa tercapai. Potensi zakat Indonesia sendiri dalam setahun mencapai Rp217 triliun, namun pada 2017 lalu capaian zakat hanya Rp6 triliun.

Wakil Ketua Baznas Zainulbahar Noor berharap Presiden Joko Widodo memperkuat lagi kekuatan hukum Inpres Nomor 3 Tahun 2014 tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat, sehingga pengumpulan zakat dari PNS bisa menjadi lebih nyata.

“Bayangkan saja jika semua PNS membayar zakat dan ada kerelaan, lalu ada sentralisasi pemotongannya. Itu setiap bulan data yang dihimpun bisa mencapai belasan triliun,” katanya. (Iqbal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here